6 Fakta Unik Beograd, Salah Satu Kota Tertua di Eropa yang Sarat Nilai Sejarah

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BEOGRAD merupakan kota terbesar di Serbia. Kota tersebut adalah Ibu Kota, yang letaknya di antara 2 sungai saling bertemu bernama Sava dan Donau.

Di dalam kota itu, terdapat beberapa tempat yang memiliki keunikan yang dapat memukau pengunjung, terlebih lagi seorang turis yang baru pertama kali berkunjung ke kota tersebut.

Melansir laman Daily Sabah, sepasang suami istri (pasutri) telah berbagi pengalaman yang mengesankannya selama tinggal di Beograd melalui tulisan di dalam sebuah artikel.

Pasutri ini merupakan traveler sejati yang selalu berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi favoritnya. Mereka selalu menentukan ke mana Ia akan pergi.

Meskipun Beograd terbilang membosankan karena memiliki banyak museum di dalamnya, namun kota ini juga tak kalah menarik, karena menyimpan berbagai keunikan yang dapat mengesankannya.

Belgrade, yang berasal dari Beograd, memiliki arti 'Kota Putih' dalam bahasa Serbia. Meskipun mereka menyebut Beograd sebagai 'Kota Putih' karena putihnya dinding kastil, kota ini merupakan surga hijau. Lantas apa saja keunikan kota sarat sejarah ini? Berikut ulasannya.


Republic Square

Republic Square merupakan salah satu kota terbaik yang dapat dikunjungi dalam memulai tur di Beograd. Patung kuda di tengah kota ini biasanya menjadi titik temu penduduk setempat di sini. Benda itu tidak boleh hanya dianggap sebagai patung kuda.

Infografis Negara Paspor Terkuat

Hal tersebut karena di atas kuda terdapat Pangeran Mihailo Obrenovic III, salah satu pemimpin Serbia yang berperan penting dalam deklarasi kemerdekaan Serbia dari Kekaisaran Ottoman. Selain patung kuda, tempat ini juga memiliki Museum Nasional dan Teater Nasional.

Jalanan yang tak pernah sepi

Sebuah jalan yang membentang dari Republic Square hingga Kalemegdan, yang dikenal Jalan Knez Mihailova, merupakan jalanan tersibuk dan terpenting di kota itu. Selain itu, jalan ini sering dibandingkan dengan Jalan Istiklal yang berada di Istanbul.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda dapat berbelanja di berbagai toko di jalan, makan di kafe serta restoran, dan lain sebagainya. Jalan Knez Mihailova merupakan jalan yang tidak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai kapanpun dan dalam momen apapun.

Bangunan mirip Hagia Sophia

Kuil Saint Sava di Beograd juga terdapat hal yang menarik. Hal tersebut karena bangunan ini memiliki kemiripan dengan Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Perbedaannya adalah jika di Istanbul, Hagia Sophia merupakan masjid, sementara bangunan yang terdapat di Beograd merupakan sebuah gereja Kristen Ortodoks.

Kuil Saint Sava, Beograd

(Foto: Shutterstock)

Gereja Ortodoks ini merupakan gereja terbesar di Serbia dan menjadi salah satu gereja Ortodoks Timur terbesar di dunia. Selain itu terdapat lokasi yang dianggap sebagai kuburan Saint Sava.

Tempatnya terletak dekat dengan Jalan Knez Mihailova. Bangunan putih besar dengan taman rimbun yang luas adalah salah satu bangunan bersejarah yang mempesona di Beograd.



Museum of a Genius

Museum yang satu ini merupakan salah satu tempat yang harus Anda kunjungi. Hal tersebut, karena Anda dapat menambah wawasan luas terkait ilmu-ilmu di dalamnya dan dapat mengetahui tentang penemuan Tesla dengan berpartisipasi dalam eksperimen kecil.

Direkomendasikan bahwa dalam mengunjungi museum tersebut, sebaiknya memiliki pemandu agar Anda dapat lebih memahami segala sesuatu di museum dan belajar tentang penemuan Tesla dengan berpartisipasi dalam eksperimen kecil.

Sentra kuliner Beton Hala

Beton Hala terletak di tepi Sungai Sava. Di tempat ini merupakan tempat yang ramai pengunjung, terutama pada musim panas.

Sungai Sava di Beograd

(Foto: Shutterstock)

Di di dalam kota ini, Anda dapat menikmati makanan lezat dari restoran ataupun kafe yang berada di bawah Kalemegdan. Selain itu, di sini Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam di tepi Sungai Sava.

Wahana Boat di Sava dan Danube

Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Hal tersebut karena Anda akan menikmati indahnya sungai dengan sebuah perahu.

Perjalanan ini dilakukan di sore hari, tepatnya pada saat matahari terbenam dengan tujuan Sungai Sava hingga ke Danube. Tur ini, berlangsung sekitar satu setengah jam.

Terdapat sebuah mitos yang ramai diperbincangkan bahwa pada pertemuan di antara kedua sungai ini, bila Anda membuat keinginan di tempat tersebut, maka akan menjadi kenyataan.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: