6 Hal Unik Budaya Orang Korsel yang Mungkin Kamu Rasa Aneh

Selasa, November 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Seorang pengunjung yang mengenakan masker untuk membantu mengekang penyebaran COVID-19 berjalan melewati lentera pada Festival Budaya Kerajaan di Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan, Selasa (19/10/2021). Istana Gyeongbok adalah salah satu landmark terkenal di Korea Selatan. (AP Photo/Lee Jin-man)

 Korea Selatan (Korsel) termasuk salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat. Tak hanya dikenal sebagai negara yang memiliki banyak boy group atau girl group, Korsel juga menghasilkan drama korea (drakor).

Boy group atau girl group asal Korsel tersebut bahkan hingga dikenal oleh seluruh dunia. Begitu pun juga dengan drakornya yang memiliki banyak peminat.

Meski begitu, budaya kuno yang dimilikinya juga masih erat. Negara gingseng itu pun dikenal selalu menjaga dan menjalankan kebudayaan yang dimiliki.

Bahkan sampai saat ini, beberapa kebiasaan nenek moyang mereka dahulu masih dilakukan. Seperti halnya setiap negara di dunia yang memiliki budaya masing-masing dengan bermacam-macam sifat unik, mungkin nampak aneh.

Begitu juga dengan Korea Selatan. Di negara tersebut terdapat cukup banyak daftar panjang hal-hal unik yang akan kamu sadari saat tiba di sana, terutama jika kamu di wilayah pedesaannya.

Di mana, salah satu budayanya yaitu bagi orang Korea, tatto tampaknya menakutkan. Kemudian ada pula pasangan yang mengenakan pakaian senada. Serta kunjungan ke dokter menjadi pengalaman yang tiada duanya bagi sebagian besar mereka di pedesaan.

Kamu pun mungkin bahkan akan belajar untuk hidup bersama mereka. Sebab, dengan terbiasa bersama yang akhirnya membuat kamu mencintai budaya Korea.

Melansir laman Travelbud, Jumat (28/10/22), berikut sederet hal unik dari budaya Korea Selatan sehingga kamu dapat mempersiapkan diri secara mental sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi ke negara itu:

1. Chimaek: Ayam dan Bir

Seorang pekerja pekerja menyortir kubis di lini produksi pembuatan kimchi di Pabrik Kimchi Ryugyong di Pyongyang, Korea Utara pada 1 Desember 2020. Kimchi adalah salah satu makanan tradisonal paling favorit bagi Korea dan terkenal sebagai salah satu makanan sehat di dunia. (KIM Won Jin/AFP)

Korea Selatan memiliki berbagai macam hidangan tradisional yang unik, tetapi beberapa orang mungkin terkejut jika mengetahui bahwa ayam goreng adalah bagian besar dari menu Korea.

Uniknya, sentuhan Korea pada ayam goreng selalu disajikan dengan bir.

Dikenal dengan chimaek, yaitu jenis makanan dengan menggabungkan ayam dan mekju yakni bir. Bahkan di Korea kamu akan menemukan banyak restoran chimaek yang disebut sebagai makanan paling lezat dan bisa dikirim ke mana saja.

2. Operasi Plastik


Operasi plastik adalah bagian yang sangat normal dari kehidupan orang Korea.

Hampir sebagian besar dari mereka pernah melakukan itu, bahkan telah dianggap sebagai hal yang baik dan seharusnya untuk dilakukan.

Tujuannya sebagai bentuk meningkatkan penampilan diri di negara yang nilai-nilainya terlihat hampir di atas segalanya, kecuali mungkin untuk kecerdasan.

3. Kopi

Starbucks secara perlahan menggunakan sedotan kertas untuk menciptakan gaya hidup minum kopi yang ramah lingkungan (Foto: Starbucks Indonesia)

Tidak seperti yang biasa kita lakukan, orang Korea sering meminum kopi panas dengan sedotan dan ini hampir sebagian besar ditemui.

Orangg Korea meminum kopi dengan sedotan, baik dalam keadaan dingin maupun panas. Selain itu, kopi di Korea Selatan harganya terbilang cukup mahal.

4. KPop dan KDrama


Menonton konser pop Korea secara langsung memang merupakan pemandangan yang indah untuk dilihat dan lagu-lagunya sangat menarik.

Anehnya, kamu akan ikut bernyanyi dengan mereka, sekali pun kamu benar-benar tidak tahu sama sekali apa yang mereka katakan.

5. Budaya Respect yang Tinggi

Seorang wanita berjalan di area kampus Universitas Yonsei, Seoul, Korea Selatan, 30 Januari 2019. Seoul, ibu kota sekaligus kota terbesar di Korea Selatan, merupakan kota metropolitan yang dinamis dengan kombinasi antara budaya kuno dan modern. (Xinhua/Wang Jingqiang)

Memiliki rasa hormat atau respect adalah bagian terbesar dari budaya Korea dan sebagian besar terkait dengan usia dalam masyarakat yang biasanya hierarkis (suatu susunan di mana hal-hal tersebut ditunjukkan berada di atas, bawah, atau pada tingkat yang sama) dengan lainnya.

Hal itu mereka terapkan pada kehidupan sehari-hari, seperti di kereta bawah tanah ada kursi khusus untuk orang tua dan bahkan jika tidak ada orang tua di dalamnya, orang muda tidak akan duduk di kursi mereka.

Lalu juga ketika berada di restoran saat makan siang atau malam, di sana akan terlihat tempat duduk yang ditata rapih, barisan makanan, dan urutan meninggalkan meja, semuanya mencerminkan rasa hormat.

Dan yang perlu kamu ingat, hindari menunjuk dengan jari, sebab bagi orang Korea itu dianggap sangat tidak sopan. Serta kebiasaan salam orang Korea yakni dengan membungkuk sehingga hindari menawarkan pelukan apalagi ketika kamu pertama kali bertemu dengan mereka.

Juga mengoper saat menerima uang atau lainnya harus dilakukan dengan dua tangan atau dengan satu tangan diletakkan di tengah lengan bawah, sedangkan tangan lainnya mengoper.

6. Budaya Mabuk

Sekelompok pria minum bir selama festival di Korea Utara. Mereka merayakan janji Kim Jong Un untuk memperbaiki standar hidup dan membangun bangsa (AP)

Orang Korea dikenal hobi dan suka minum atau mabuk. Minum di tempat umum merupakan hal yang legal dan dibolehkan di sana. Bahkan dilakukan secara teratur dan penuh semangat.

Di Korea Selatan, alkohol bukan sesuatu yang sulit ditemukan, melainkan hampir semua toko menyediakannya.


Sumber : liputan6.com

0 comments: