6 Makanan Khas Tegal Ini Punya Nama Unik

Jumat, November 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Dari banyaknya kuliner khas Tegal, ada beberapa di antaranya yang memiliki nama yang cukup unik.
Salah satunya adalah makanan bernama randa kemul. Yaitu camilan khas Tegal yang terbuat dari adonan tepung terigu dan dibentuk bulan lalu digoreng. Mirip-mirip kue odading yang dulu sempat viral.
Entah siapa yang pertama kali menyebutnya. Namun yang jelas selain randa kemul, ada beberapa kuliner khas Tegal yang memiliki nama cukup unik. Berikut di antaranya:
1. Glotak
Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya, menu makanan glotak balungan tentu sudah tak asing lagi. Olahan gembus yang dipadukan dengan kaldu dari rebusan tulang sapi menjadikannya memiliki cita rasa yang khas dan legendaris.
Konon penamaan glotak berasal dari suara tulang-tulang yang beradu di panci pada saat dimasak berbunyi glotak glotak. Sehingga makanan ini disebut glotak.
Balungan sendiri merupakan bahasa Jawa dari tulang. Biasanya menggunakan tulang sapi atau tulang ayam sesuai selera.
2. Randa Kemul
Selain roten, kue ini juga dikenal dengan nama randa kemul. Konon, penamaan ini oleh cerita orang tua pada zaman dahulu karena ada seorang janda yang membuat kue ini ingin menikah lagi.
Randa kemul ini berbahan baku tepung terigu, yang kemudian diolah dan dibentuk bulat sebelum akhirnya digoreng. Roten memiliki cita rasa yang gurih, dan biasanya agak keras di bagian luar tetapi lembut di bagian dalamnya.
3. Otok Owok
Di Tegal, jajanan yang satu ini cukup melegenda dan dikenal dengan nama otok owok.
Otok owok berbentuk bulat pipih dengan cekungan di bagian tengahnya. Otok owok juga memiliki corak warna yang khas seperti belang pada binatang zebra. Selain bentuknya yang unik, panganan tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang membuat siapapun semakin bergairah untuk menikmatinya.
4. Tahu Upil
Dinamai demikian karena kuliner berbahan dasar tahu ini berbeda dari yang lain, yaitu tahunya hanya sedikit atau orang Tegal menyebutnya seupil.
Tahu upil merupakan salah satu kuliner khas di Tegal yang hampir mirip dengan kuliner berbahan dasar tahu lainnya seperti tahu aci atau tahu pletok. Jika biasanya tahu aci atau tahu pletok porsi tahunya banyak, berbeda dengan tahu upil yang porsi tahunya hanya sedikit.
5. Kupat Bongkok
Sesuai dengan namanya, kupat bongkok berasal dari Desa Bongkok, Kramat, Kabupaten Tegal.
Kupat bongkok merupakan salah satu kuliner yang menjadi ikon Tegal pada tahun 1970. Sampai saat ini makanan tradisional unik ini masih menjadi andalan masyarakat Tegal maupun masyarakat yang berkunjung ke Tegal.
6. Embek-embek
Menu masakan Embek-embek tentu sudah tidak asing di lidah masyarakat Tegal dan sekitarnya. Olahan ikan, tempe, tahu dengan kuah santan pedas itu bisa kita temui di warung makan Tegal atau warteg.
Embek-embek biasanya berisi ikan yang diasap jenis ikan tongkol, ikan peh atau ikan manyung.

Sumber : kumparan.com

0 comments: