7 Sungai Terpendek di Dunia, Nomor 2 dari Indonesia Panjangnya Hanya 20 Meter

Sabtu, November 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


7 SUNGAI terpendek di dunia menjadi topik pembicaraan. Ada beberapa fakta menarik menyertai kondisi sungai terpendek di dunia.

Sungai adalah sebuah aliran air yang turun dari bukit mengikuti gravitasi. Beberapa sungai memiliki aliran yang lebih panjang dan lebih dalam. Namun, beberapa aliran sungai lebih dangkal dan pendek.

Beberapa sungai dapat mengalir sepanjang tahun. Sementara sungai di wilayah lainnya hanya mengalir pada musim-musim tertentu saja.

Dilansir dari Native Planet, berikut adalah 7 sungai paling pendek di dunia.

7. Rio de Los Patos, Republik Dominika

Republik Dominika menyimpan sungai terpendek di dunia yaitu Río de Los Patos. Ini adalah sungai dengan panjang hanya 61 meter saja. Aliran Sungai Rio de Los Patos akan bermuara di Laut Karlbia.


Infografis Negara Paling Banyak Dikunjungi di Asia

6. Sungai Roe, Amerika Serikat

Berdasarkan Guinness Book of Record, Sungai Roe yang ada di Amerika Serikat termasuk sungai terpendek di dunia. Sungat Roe berada di Great Falls, Montana, Giant Spring memiliki panjang hanya 61 meter saja.

5. Sungai Jezernica, Slovenia

Sungai paling pendek di dunia adalah Sungai Jezernica yang ada di Slovenia. Aliran Sungai Jezernica berasal dari sebuah danau liar yang merupakan sumber mata air karst. Memiliki panjang 55 meter membuat Jezernica menjadi sungai terpendek kelima di dunia.

4. Sungai Ombla, Kroasia

Panjang Sungai Ombla yang ada di Kroasia mencapai 30 meter dengan debit air 23,9 meter per kubik. Sungai Ombla sendiri mengalir dan bermuara ke teluk Rijeka Dubrovačka di laut Adriatic.


3. Sungai Kovasselva, Norwegia

Selanjutnya ada Sungai Kovasselva sebagai sungai terpendek di dunia. Panjang sungai ini hanya mencapai 22 meter saja. Sungai Kovasselva yang terletak di Hitra mengalir dari danau Kovassavatnet menuju ke laut.

2. Tamborasi River, Indonesia

Sungai terpendek di dunia juga ada di Indonesia tepatnya di Sulawesi Tenggara. Panjang dari Sungai Tamborasi hanya mencapai 20 meter dengan lebar 15 meter saja. Aliran sungai mengalir dan bermuara ke Laut Flores.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

1. Sungai Reprua, Georgia

Sungai Reprua yang ada di Georgia memegang peringkat satu sebagian sungai terpendek di dunia. Sungai yang memiliki panjang 18 meter ini mengalir dari mata air Gua Krubera dan bermuara di Laut Hitam.

Demikian 7 sungai paling pendek di dunia. (put)


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: