7 Tempat Wisata Terbaik di Tidore, Ada Masjid Kuno Berusia 3 Abad

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


TERDAPAT banyak tempat wisata di setiap pulau salah satunya di Tidore. Ternyata ada banyak tempat wisata terbaik di Tidore, Maluku Utara.

Tidore Kepulauan adalah salah satu kota yang berada di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Tepat di Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, ibu kota provinsi Maluku Utara berada di Sofifi.

Penasaran tempat wisata terbaik di Tidore? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tempat wisata terbaik di Tidore yang bisa menjadi pilihan.

1. Masjid Kesultanan Tidore

Masjid Kesultanan Tidore ini telah berumur sangat tua karena dibangun tahun 1700 Masehi. Telah mengalami beberapa kali perbaikan dan pergantian seperti atap masjid yang semula berupa alang-alang berganti menjadi daun rumbia dan sekarang seng. Meskipun telah banyak yang direnovasi, bentuk asli arsitektur masjid ini tetap dipertahankan.

Selain telah berumur ratusan tahun, Masjid ini memiliki keunikan yakni mempunyai lubang menyerupai jendela dan pada zaman dahulu lubang tersebut digunakan sebagai tempat melihat arah dari kiblat.

2. Pulau Maitara

Pulau Matiara ini terletak di antara Pulau Tidore dan Ternate. Pulau ini memiliki pesona pemandangan yang sangat indah, tak heran jika setiap harinya banyak pengunjung yang datang.

Pulau cantik yang satu ini sebenarnya sudah diketahui oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, karena berada di mata uang seribu rupiah.

Pulau Maitara

(Foto: Instagram/@lintangindiraa)

Selain bisa menikmati pemandangan alam, disini juga bisa bermain-main pasir maupun air. Dan menariknya, tempat ini merupakan surga buat para pemancing mania.

3. Pulau Woda

Berlokasi di Kecamatan Oba, tempat wisata selanjutnya adalah Pulau Woda. Pulau ini awalnya merupakan pulau yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai nelayan, namun mereka kemudian dipindahkan oleh pemerintah ke Pulau Halmahera.

Setelah menjadi pulau tak berpenghuni, Pulau Woda kemudian dijadikan tempat wisata dan kini menjadi sangat populer. Tempat wisata ini memiliki jembatan kayu nan cantik dan pantai dengan pasir putih yang akan membuat para pengunjung betah di pulau tak berpenghuni ini karena terkagum menyaksikan pesona keindahannya.

Keindahan Pulau Tidore

(Foto: Instagram/@yudhistiraw)

4. Sonyine Malige

Sonyine Malige adalah nama museum di Tidore Kepulauan. Museum ini menyimpan barang-barang berharga dari para bangsawan dan sultan Kesultanan Tidore. Museum ini dibangun dari dana hibah yang dikumpulkan masyarakat Tidore.

Luas dari museum ini sekitar 800 meter persegi dengan bangunan seluas 300 meter persegi. Koleksi yang dimiliki museum ini ialah mahkota dari Sultan Tidore, cap kesultanan, pakaian adat, peralatan perang, peralatan penempa besi, dan lain-lain.



5. Air Terjun Goheba

Air terjun ini terletak di perbukitan yang berlokasi di Kecamatan Kalaodi. Suasana Air Terjun Goheba begitu indah dan asri. Terdapat sungai yang melintas, dikelilingi batu karang dan pohon-pohon menambah keindahan dari tempat wisata ini. Terdapat juga fauna burung bernama Kubah yang mempunyai suara merdu.

6. Desa Gurabunga

Tempat wisata Tidore berikutnya Desa Gurabunga yang merupakan satu-satunya desa di Kota Tidore yang berhawa sejuk. Hal ini disebabkan karena lokasinya berada 800 meter di atas permukaan laut.

Dinamakan Desa Gurabunga yang artinya desa taman bunga karena desa ini dikelilingi oleh bunga-bunga. Di setiap pekarangan rumah warga ditumbuhi beraneka jenis bunga dengan warna warni yang indah.

Desa Gurabunga, Tidore

(Foto: Instagram/@gogoo_om)

7. Museum Kesultanan Tidore

Museum Kesultanan Tidore berisikan berbagai macam benda bersejarah peninggalan dari Kesultanan Tidore dari zaman dahulu kala hingga saat ini.

Benda bersejarah yang sangat unik dan fenomenal dari museum ini adalah Mahkota Berambut. Ada kepercayaan bahwa rambut yang menempel di bagian atas mahkota tersebut hidup dan bisa tumbuh.

Karena rambut di mahkota tadi tumbuh panjang, maka dilakukan pemotongan dengan suatu prosesi atau upacara khusus di malam Idul Adha. Calon putera mahkota Kesultanan Tidore ditentukan dari pas tidaknya mahkota tadi diletakkan di atas kepalanya. Jika bisa melekat dengan pas maka dialah yang berhak menjadi Sultan Tidore.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: