7 Wisata Menakjubkan di Negeri Seribu Mullah, Ada Makam Kuno Berusia 800 Tahun

Selasa, November 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



IRAN atau dijuluki sebagai 'Negeri Seribu Mullah' ini menyimpan daya tariknya tersendiri. Di negara ini Anda akan menemukan tempat-tempat tak sekadar menarik saja, tapi sekaligus menakjubkan.

Berdirinya Iran pun tak terlepas dari sejarah, lho. Mulai dari para Nabi, sahabat, hingga kerajaan-kerajaan Islam yang kini tinggal meninggalkan sejarahnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 7 wisata menarik dan menakjubkan di Iran yang dapat Anda kunjungi.

1. Masjid Nasir Al Molk

Terletak di salah satu kota tertua di Iran, Shiraz. Masjid Nasir Al Molk adalah salah satu keajaiban arsitektur, didekorasi dengan indah, memiliki jendela kaca patri berwarna-warni dan dinding yang dilukis

Waktu terbaik untuk mengunjungi masjid adalah pada siang hari, yakni ketika matahari memantulkan pola kaca patri ke lantai. Bentuk dari jendela ini sama seperti di Masjidil Aqsa dan Masjid Biru di Istanbul yang memiliki desain serupa.

Istana Golestan

(Istana Golestan, Foto: unesco.org)

2. Istana Golestan, Teheran

Lokasinya berada di Kota Teheran, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata sejarah. Sebab tempat ini merupakan istana yang sangat penting, khususnya pada masa kejayaan dinasti Qajar.

Dibangun pada 1524, istana ini dikelilingi oleh benteng, serta dilengkapi kolam-kolam indah dan arsitektur bangunan yang sangat megah bergaya timur tengah abad 19. Hingga kini masih mempertahankan nilai sejarah kekhalifahan Islam zaman dahulu.

3. Makam Saadi

Selanjutnya adalah Makam Saadi di Kota Dhiraz, di mana tempat ini merupakan makam sastrawan paling ternama di Iran yaitu Abu Muhammad Muslih Al Din bin Abdullah Shirazi atau dikenal dengan Saadi.

Bangunan berkubah ini berbentuk paviliun, dinding dan atapnya dipenuhi dengan puisi sastra hasil karya sang maestro tersebut. Serta bangunan ini memiliki arsitektur khas timur tengah dengan kubah indahnya.

Tower of Silence di Kota Yazd

(Tower of Silence, Foto: TripAdvisor)

4. Tower of Silence, Kota Yazd

Tower Of Silence Kota Yazd berlokasi di Kota Yazd atau sekitar enam jam perjalanan dari pusat Kota Teheran. Anda bisa menemukan sebuah objek wisata gurun pasir, dilengkapi dengan kubah dan menara dari pasir di atas bukitnya. Pada zaman dahulu, lokasi ini merupakan tempat penguburan para pemuja api zoroaster.

Para pemuja tersebut akan membiarkan mayat di atas tower itu. Bukan dikuburkan, malah didiamkan hingga pada akhirnya burung pemakan daging memakannya hingga habis.




5. Segonbad

Segonbad adalah bangunan berusia 800 tahun, sudah berdiri di Kota Urmia, Provinsi Azerbaijan Barat, Iran. Bangunan itu sangat menonjol sebagai saksi bisu keberadaan Seljuk di wilayah itu.

Makam monumental di pusat Urmia telah berhasil bertahan hingga hari ini, bertahan dalam ujian waktu selama berabad-abad. Itu adalah tradisi umum Seljuk untuk membangun makam dalam bentuk benteng selama abad 12-13 ketika mereka memerintah di Negeri Seribu Mullah.

6. Museum Musik

Museum Musik terdapat di Kota Isfahan. Tempat ini didirikan pada 2015, terdiri dari tujuh bagian ruangan dengan, mulai dari ruangan khusus alat musik nasional Iran, ada juga ruangan khusus alat musik dari setiap kota di Iran.

Museum Musik, Isfahan

(Museum Musik Isfahan, Foto: TripAdvisor)

Selain itu terdapat juga alat musik instrumen, hingga cafe dengan alunan musik khasnya. Anda dapat menyantap hidangan sambil mendengarkan alunan musik dari Negeri Seribu Mullah ini.

7. Saadatmand Craft

Tak lengkap rasanya bukan, jika berkunjung ke suatu negara tanpa membeli oleh-oleh khasnya. Jika ke Iran Anda bisa mengunjungi Saadatmand Craft, berlokasi di Kota Qom.

Di sini Anda bisa berburu souvenir khas Iran, khususnya batu-batu unik yang bisa dipesan untuk dijadikan cincin, kalung, gelang hingga aksesoris lainnya.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: