Alasan Kenapa Orang Jawa Masih Sulit dalam Memahami Bahasa Suku Tengger?

Senin, November 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi BahasaTengger (Foto: Freepik)

Alasan kenapa orang Jawa masih sulit dalam memahami Bahasa Suku Tengger? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak Anda.

Sebagai orang Indonesia asli, Anda pasti sudah tidak asing lagi dangan masyarakat Suku Tengger. Suku ini menghuni wilayah Gunung Bromo di Jawa Timur. Keberadaan Suku Tengger dan Gunung Bromo seakan memiliki ikatan yang mistis.

Meski tinggal di satu pulau yang sama, yakni Pulau Jawa, namun banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Suku Tengger. Ternyata, ini alasan kenapa orang Jawa masih sulit memahami Bahasa Suku Tengger.

Alasan kenapa orang Jawa masih sulit dalam memahami Bahasa Suku Tengger dikarenakan penduduk asli Gunung Bromo ini rupanya memiliki sejumlah perbedaan yang cukup mencolok dengan penduduk di Jawa Timur. Perbedaan ini terletak pada sejarah, kepercayaan, budaya, hingga bahasa yang digunakan.

Berbicara mengenai bahasa yang digunakan oleh Suku Tengger, rupanya suku ini masih menggunakan dialek Bahasa Jawa Kawi dan sebagian kosakatanya menggunakan Bahasa Jawa Kuno. Seperti diketahui, dua bahasa ini sudah lama sekali tidak digunakan oleh orang Jawa lainnya.

Umumnya, dalam Bahasa Jawa tulisan /a/ jika dibaca akan berubah menjadi /o/. Contohnya Jawa menjadi Jowo, lara menjadi loro, dan lain-lain. Berbeda halnya dengan dialek Suku Tengger yang tetap mempertahankan tulisan /a/ jika dibaca juga akan menjadi /a/.

Tak hanya itu saja, bentuk pengulanggan kata Suku Tengger juga cukup berbeda. Jika umumnya kata ulang akan ditulis mlaku-mlaku, sedangkan Suku Tengger hanya mengulang kata depannya saja menjadi memlaku.

Belum lagi adanya sejumlah istilah yang memiliki makna berbeda dengan Bahasa Jawa kebanyakan. Karena alasan inilah, banyak orang Jawa yang kesulitan dalam memahami bahasa dari masyarakat Suku Tengger.

Nah, demikian informasi mengenai alasan kenapa orang Jawa masih sulit dalam memahami bahasa suku Tengger. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawwasan Anda.


Sumber : okezone.com

0 comments: