Alat Makan dengan Pilihan Warna Ini dapat Memengaruhi Nafsu Bersantap

Jumat, November 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Beragam alat makan hadir dalam bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Pemilihan piring dengan warna yang salah ternyata dapat memengaruhi nafsu makan seseorang, terutama bagi mereka yang merupakan tipe pemilih.

Peralatan makan didesain seunik dan semenarik mungkin guna memberikan penampilan yang menggugah selera makanan di dalamnya. Dengan pemilihan desain tersebut diharapkan hidangan yang disajikan dapat terlihat dan terasa lebih nikmat.

Mengutip New York Post, rupanya piring atau peralatan makan dengan warna merah sebaiknya dihindari terutama bagi kamu si picky eater, alias suka milih-milih makanan. Meskipun terlihat bagus dan mewah, rupanya orang dengan tipe pemilih akan cenderung menghindari makanan yang disajikan di piring atau peralatan makan berwarna merah.
Studi dari Journal Food Quality and Preference pada tahun 2022, menjelaskan bahwa warna pada peralatan makan dapat berpengaruh kepada seseorang, baik itu yang normal maupun tipe pemilih.
“Karena pilih-pilih makanan bisa membuat stres baik bagi individu maupun hubungan keluarga. Temuan ini menawarkan bukti awal bagaimana warna dapat membantu meningkatkan pengalaman makan,” jelas Dr. Lorenzo Stafford selaku penulis utama penelitian ini.
Penelitian tersebut menguji 50 partisipan yang terbagi dalam dua grup berdasarkan “neofobia”, yaitu mereka yang ragu mencoba makanan baru. Peneliti menempatkan keripik dan garam ke dalam mangkuk berwarna merah, putih, dan biru untuk melihat pilihan mereka.
Temuan itu menjelaskan bahwa keinginan makan camilan bisa dipengaruhi dari mangkuk yang digunakan. Peserta penelitian itu mengeklaim bahwa keripik lebih asin di mangkuk berwarna biru atau merah. Hasilnya, mangkuk dengan warna merah menempati posisi terakhir di antara pilihan lainnya.
Merah sering melambangkan sebagai warna yang penuh gairah; baik itu cinta, kemarahan, atau keberanian. Asumsi akan warna yang mencolok ini memengaruhi seseorang dalam memilih wadah untuk makanannya.
“Orang yang pemilih dalam makan ditandai dengan asupan mereka yang terbatas serta menghindari makanan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dampaknya mereka dapat kekurangan gizi atau terkena penyakit lainnya. Oleh karena itu, penting bagi mereka memahami faktor yang mendorong nafsu makan mereka,” jelas penelitian tersebut.
Nah, persepsi akan warna merah dalam peralatan makan dapat memengaruhi keputusan seseorang terutama yang pemilih dalam menyantap makanan yang disajikan. Oleh karena itu, jika kamu salah satu dari tipe ini, maka ada baiknya untuk menggunakan warna lain untuk menjaga nafsu makan kamu pada hidangan yang hendak dimakan.

Sumber : kumparan.com

0 comments: