Beberapa Bentuk Budaya Daerah Indonesia dan Cara Melestarikannya

Selasa, November 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Beberapa Bentuk Budaya Daerah Indonesia. Foto: dok. Ruben Hutabarat (Unsplash.com)

Budaya di Indonesia yang sangat beragam membuat masyarakat dunia tertarik untuk mengenal apa saja kebudayaan dan kesenian yang ada di Indonesia. Untuk mengenal beberapa bentuk budaya daerah Indonesia dan cara melestarikannya, mari kita simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Beberapa Bentuk Budaya Daerah Indonesia beserta Contoh dan Cara Melestarikannya

Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang cukup banyak membuat Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat melimpah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya budaya dan kesenian yang masih banyak dijumpai di masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Bentuk budaya daerah Indonesia sangatlah beragam. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia rumah adat, upacara adat, aksara, teater dan drama, tarian, lagu, musik, seni pertunjukan. Lebih lengkap, pembahasan mengenai bentuk budaya daerah Indonesia dipaparkan dalam buku 99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian SD/MI Kelas 5 yang disusun oleh Tim Guru Eduka, ‎Eka, ‎Anggi (2018: 179).
Dikutip dari buku tersebut bahwa keragaman kebudayaan Indonesia tampak pada berbagai bentuk rumah adat, pakaian adat, adat kebiasaan (tradisi), dan kesenian daerah. Contoh rumah adat adalah rumah gadang, bolon, joglo, tongkonan, dan bentang. Bentuk-bentuk kesenian daerah antara lain musik tradisional, lagu daerah, seni pertunjukan tradisional, dan bermacam-macam benda seni tradisional.

Tak hanya itu, keragaman bentuk budaya daerah di Indonesia juga dapat dijumpai melalui penggunaan bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya. Seperti Bahasa Jawa yang umum digunakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa timur, Bahasa Betawi yang banyak digunakan dalam bahasa sehari-hari oleh penduduk Jakarta, dan lain sebagainya.
Senjata daerah juga menjadi salah satu bentuk keragaman budaya daerah Indonesia. Setiap daerah memiliki bentuk senjata daerah yang berbeda beda dan juga memiliki bahan yang berbeda beda. Contohnya seperti celurit, keris, panah, dan masih banyak lagi lainnya.
Agar keragaman budaya daerah yang dimiliki Indonesia ini dapat terus lestari, kita perlu tetap menjaganya dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara melestarikan kebudayaan daerah Indonesia yang dapat kita lakukan:
  • Mempelajari budaya daerah di Indonesia
  • Mengikuti berbagai kegiatan Kebudayaan
  • Mengajarkan budaya ke orang lain
  • Memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia Internasional
  • Ekspor hasil kerajinan tradisional daerah ke berbagai negara di dunia
Pembahasan mengenai beberapa bentuk budaya daerah Indonesia yang disajikan lengkap dengan contoh dan cara melestarikannya dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan yang bermanfaat bagi Anda. (DAP)

Sumber : kumparan.com

0 comments: