Berani Berusaha, Ini Peluang Bisnis Laundry Modal Rp 50 Juta

Senin, November 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - QC Laundry Solutions merupakan brand laundry yang mengusung konsep profesional, modern, dan menyentuh. QC Laundry Solutions memiliki tujuan menjadi brand laundry dengan reputasi terbaik di Indonesia dalam hal pelayanan, tampilan, dan harga untuk para stakeholders.

Berbeda dengan konsep laundry yang umumnya memiliki konsep 'kiloan', brand laundry yang didirikan oleh Rong Yao dan Robert Cahyadi ini hadir dengan konsep kemitraan workshop yang menyasar kelas menengah atas. Selain konsep kemitraan workshop, QC Laundry Solutions juga memiliki konsep kemitraan pickup point.

"Selama ini, orang melihat bisnis laundry identik dengan mesin cuci yang berjejer dan keranjang di mana-mana. Itu yang biasanya ada di laundry kiloan, tapi kalau QC Laundry Solutions berbeda. Kami juga menawarkan dua jenis investasi atau kemitraan, yaitu workshop dan pickup point," papar Rong Yao.

Konsep yang dibangun ini mengarah pada investasi dana seminim mungkin, tetapi dapat mencapai return on investment (ROI) secepat mungkin. Terlebih jika dibandingkan dengan investasi sejenis di bidang yang sama.

"Kalau di laundry konvensional orang terkadang tidak bisa memasukkan baju-baju premium atau barang lainnya, seperti gorden, sepatu, atau barang lainnya. Dengan konsep ini, kami bisa menerima itu semua, termasuk wet cleaning maupun dry cleaning," tuturnya.

Untuk kemitraan konsep workshop dimulai dari angka Rp199 juta dan sudah mendapatkan seperangkat mesin cuci, konsep, serta desain yang semuanya mengikuti yang ada di pusat. Hal tersebut nantinya disesuaikan dengan ruangan yang dimiliki.

Keseragaman konsep ini merupakan upaya untuk mengutamakan kenyamanan pelanggan. Nantinya, saat datang, pelanggan akan menjumpai meja resepsionis, desain yang modern dan profesional, rak penyimpanan yang didesain khusus, dan tanpa menampilkan mesin cuci yang berjejer.

Konsep kemitraan dengan sistem ini berarti para calon mitra atau investor akan membayar sejumlah dana dan sudah mendapatkan mesin cuci, furniture, serta branding. Tentu saja, lengkap dengan garansi 18 bulan maksimal serta jaminan buyback guarantee.

Sementara itu, bentuk konsep kemitraan pickup point yakni gerai laundry sebagai penerima pakaian yang nantinya akan diteruskan ke workshop utama. Workshop utama merupakan prinsipal atau workshop pusat.

 

Kemitraan Pickup Point

Pada kemitraan pickup point, sistemnya adalah bagi hasil sebesar 60 persen untuk prinsipal dan 40 persen untuk mitra dengan garansi enam bulan balik modal. Adapun untuk biaya operasional outlet tersebut akan dipotong dari profit.

"Contohnya, kita bermitra dengan konsep pickup point yang dipatok biaya Rp50 juta. Katakanlah, omzet outlet sebesar Rp20 juta dengan pengeluaran Rp5 juta. Sisa Rp15 juta itulah yang nantinya akan dibagi hasil sesuatu ketentuan tersebut," ujarnya.

Namun, kedua konsep kemitraan yang ditawarkan tersebut belum termasuk biaya sewa outlet. Angka tersebut murni hanya bisnis saja.

Adapun konsep ini merupakan upaya rebranding dan refreshing dari QC Laundry Solutions, termasuk penyegaran logo. Bersama brand dan desain sebelumnya, sudah ada lebih dari 50 outlet yang bergabung.

Sementara itu, setelah rebranding sudah ada satu outlet yang bergabung kemitraan workshop yang berlokasi di Apartemen Metro Park Residence, Kedoya, Jakarta Barat. Berbagai kegiatan QC Laundry Solutions dapat dilihat di akun sosial media Instagram @qc.laundrysolutions.

Sumber : liputan6

0 comments: