Bikin Merinding, Begini Kisah Hantu Mbah Sukur si Penjaga Nusakambangan

Kamis, November 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 11 02 406 2699309 bikin-merinding-begini-kisah-hantu-mbah-sukur-si-penjaga-nusakambangan-jKmNhKUAvD.jpgIlustrasi (Yorkshirerepost)

KISAH hantu Mbah Sukur si penjaga Nusakambangan sangat terkenal di kalangan masyarakat setempat. Hantu Mbah Sukur kerap menampakan diri. Dia dianggap sebagai makhluk penjaga Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang paling kuat.

Nusakambangan terkenal sebagai tempat penjara tahanan kelas kakap. Nusakambangan memiliki kesan yang sangat menyeramkan, sebab tempat itu masih dikelilingi hutan lebat dan juga hewan buas.

Ditambah lagi tempat ini merupakan lokasi eksekusi para terpidana hukuman mati.

Selain dianggap menyeramkan untuk para tahanan, Nusakambangan juga memiliki cerita mistis yang sangat populer.

Salah satu kisah yang melegenda adalah keberadaan hantu Mbah Sukur. Mbah Sukur dianggap sebagai penguasa Pulau Nusakambangan.

Meski cerita Hantu Mbah Sukur ini masih simpang siur, namun banyak masyarakat yang percaya hingga saat ini. Sosok hantu ini terlihat di hari-hari tertentu dan menampakkan diri kepada orang-orang yang melewati jalan menuju lapas Nusakambangan.

Dilansir dari berbagai sumber, kisah hantu Mbah Sukur ini memiliki beberapa versi, Konon sebagian percaya bahwa kemunculan Mbah Sukur ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dia merupakan seorang tahanan yang dieksekusi mati dengan cara dipenggal.

Namun menurut versi lain, cerita Mbah Sukur ini dipercaya berasal dari korban pembantaian tragedi 1965. Pada masa itu banyak sekali orang yang dibantai dan salah satunya adalah Mbah Sukur ini.

Salah satu cerita tentang hantu Mbah Sukur yang cukup terkenal adalah kisah seorang warga di Pulau Nusakambangan bernama Sukiman. Sukiman sengaja mengajak istrinya ke Nusakambangan untuk membuka lahan karet.

Hampir setiap hari Sukiman berada di hutan untuk menyadap pohon karet dengan cara menyayat batang karet demi mendapatkan getahnya. Tak terasa, hari sudah mulai sore namun Sukiman masih fokus menyadap pohon karet itu.

Ponselnya berdering, terlihat sang istri menyuruhnya untuk pulang sebelum hari semakin gelap. Namun Sukiman tidak mendengarkan apa yang dikatakan istrinya. Dia tetap sibuk menyadap pohon karet hingga malam pun datang.

Tiba-tiba ada panggilan telepon lagi masuk, tanpa melihat siapa yang menelepon, Sukiman pun langsung mengatakan kalau dirinya akan segera pulang dengan suara yang keras.

Namun dibalik panggilan itu justru terdengar suara yang berat memanggil namanya "Sukiman", sebut suara di telepon tersebut. Namun ketika diperiksa, tak ada panggilan masuk. Sukiman pun kembali melanjutkan pekerjaannya itu.

Ketika dia ingin menyadap pohon karet, terlihat beberapa pohon seakan sudah ada yang menyayat kulit pohon karet itu. Dia sempat heran siapa orang yang melakukan itu. Dari kejauhan dia melihat sosok makhluk tanpa kepala sedang menyadap pohon karet.

"Mbah Sukur," teriak Sukiman.

Dia pun langsung lari tergopoh-gopoh. Tak lama terlihat makhluk tersebut datang menghampirinya. Dan tak lama Sukiman jatuh pingsan. Sejak saat itu, dia tidak berani lagi untuk pergi hutan hingga larut malam.

Kisah hantu Mbah Sukur ini memang urban legend, namun hingga kini masih dipercaya keberadaannya oleh masyarakat setempat.

Sumber :okezone

0 comments: