Bikin Merinding, Ini 3 Museum Kota Tua yang Terkenal Angker Penuh Mistis

Selasa, November 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 10 31 408 2698164 bikin-merinding-ini-3-museum-kota-tua-yang-terkenal-angker-penuh-mistis-Em9KnrSXuX.jpgMuseum Fatahillah di Kota Tua Jakarta (Foto ANTARA)

DERETAN museum Kota Tua yang terkenal angker penuh mistis dan bikin merinding. Bangunan-bangunan tua ini tak hanya menjadi ruang pamer aneka benda sejarah namun ada kisah lain yang disimpannya. Sebuah cerita tentang kelamnya masa pendudukan Belanda di Jayakarta.

Ada berbagai cerita mistis yang kerap membuat merinding terjadi di museum-museum di kawasan Kota Tua ini. Penasaran dengan kisahnya?

Berikut ulasan Okezone seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Museum Fatahillah

Ada beberapa kisah mistis yang tersimpan di bangunan berusia 312 tahun ini. Salah satunya, penampakan sosok tanpa kepala dan teriakan histeris dari penjara bawah tanah yang berada di area Museum Fatahillah.

Tak hanya itu, sesekali area penjara bawah tanah itu mengeluarkan aroma anyir dan amis seperti bau darah. Sesuai catatan sejarah, Belanda pernah membantai sekitar 500 warga keturunan China di penjara tersebut, pada 1740.

Warga keturunan China itu dimasukkan ke dalam penjara tanpa makanan dan minuman. Tak hanya itu, mereka juga disiksa dengan sangat sadis hingga meninggal dan jasadnya dibiarkan membusuk di dalam penjara bawah tanah.

Kisah mistis lainnya di Museum Fatahillah adalah suara lonceng yang berbunyi saat malam tiba. Konon, suara itu merupakan ‘lonceng kematian’ yang dahulu menjadi pertanda waktu kematian para korban eksekusi gantung.

2. Museum Wayang

Kisah mistis lainnya datang dari Museum Wayang yang dibangun pada 1640. Museum ini memiliki 217 jenis boneka dari seluruh dunia, termasuk wayang Intan buatan Ki Guna Kerti Wanda yang dibuat pada 1870.

 Ilustrasi

Museum Wayang (Dok Okezone.com)

Seperti Fatahillah, museum ini juga memiliki kisah mistisnya sendiri. Salah satunya, tentang bunyi gamelan yang kerap terdengar dari lantai dua museum. Alasan inilah yang membuat pengelola museum melarang pengunjung untuk membunyikan gamelan tersebut.

Tak hanya bunyi gamelan, para penjaga museum dan juga kerap diganggu oleh hantu anak kecil dan sosok hantu perempuan bergaun merah. Hantu perempuan itu kabarnya sering berdiri di depan museum.

3. Museum Bahari

Masih berdekatan dengan dua museum di atas, Museum Bahari juga dikenal dengan kisah mistisnya. Bangunan ini dibangun pada 1652 dan beberapa kali direnovasi hingga mencapai bentuknya saat ini pada 1771.

Salah satu cerita mistis yang terkenal dari museum ini adalah keberadaan sosok Noni Belanda di dalamnya. Menurut masyarakat setempat, hantu tersebut adalah Emma, perempuan Belanda yang merupakan putri mandor gudang rempah-rempah di sekitar museum.

Dia kemudian jatuh cinta dengan salah satu penjaga gudang bernama Yakob yang merupakan pria keturunan Ambon. Namun saat Batavia mengalami wabah kolera, Emma diungsikan ayahnya ke Pulau Onrust.

Tak sanggup menahan rindunya pada Yakob, perempuan itu justru meninggal di Onrust. Sementara Yakob yang sedih dengan kematian Emma memutuskan kembali ke Ambon. Sejak itu, arwah perempuan itu kerap menjelajahi berbagai tempat di Museum Bahari.

Sumber : okezone

0 comments: