Bisnis Tanaman Hias, Ini 5 Tips Agar Cuan Berlipat

Kamis, November 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bisnis Tanaman Hias, Ini 5 Tips Agar Cuan Berlipat
Ilustrasi bisnis mentanaman hias [shutterstock]

Suara.com - Bisnis tanaman hias sempat meroket saat masa pandemi, ketika banyak orang di rumah saja dan mencari kegiatan bermanfaat yang sekaligus bisa menghasilkan cuan. Tak sedikit yang tergiur dengan bisnis tanaman hias ini, karena dengan modal sedikit, bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Meski merawat tanaman hias kelihatannya mudah, tapi berbeda ketika kita menjadikannya sebagai ladang bisnis, karena diperlukan juga komitmen dan ketekunan yang tinggi, serta perencanaan matang.

Nah, buat kamu yang masih ingin melanjutkan bisnis tanaman hias, simak 5 tips agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal, mengutip dari laman Sahabat Pegadaian.

1. Pilih jenis tanaman hias yang tepat

Sebagai pebisnis, kamu tentu harus tahu jenis tanaman hias apa yang akan laku di pasaran. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko tanaman hiasmu nggak laku. Kamu bisa pilih tanaman hias yang mudah dibudidayakan dan tidak repot, seperti tanaman sansevieria atau lidah mertua, sirih gading, kaktus, monstera, sri rejeki, hingga tanaman spider plant.

2. Pelajari jenis tanaman yang kamu jual

Tentu sjaa kamu harus tahu semua informasi mengenai tanaman hias yang kamu jual. Misal, jenis apa yang paling mudah dirawat, seberapa banyak boleh dikasih air, kapan saat terbaik untuk memindahkannya ke pot yang lebih besar, dsb. Jadi, jangan malas meng-upgrade pengetahuanmu, ya.

3. Lokasi jualan tanaman hias juga penting

Salah satu keuntungan dari bisnis tanaman hias adalah bisa dilakukan di mana saja, termasuk rumah sendiri. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan kelayakannya, ya. Misalnya, pastikan halaman di rumah memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaannya bagus, dan tidak terlalu panas. Sebaiknya, bedakan juga tempat untuk tanaman yang tidak tahan air dan tanaman yang suka air.

4. Ikuti tren tanaman hias

Sama seperti bisnis yang lain, bisnis tanaman hias juga memiliki trennya. Setiap tahun, tren tanaman hias bisa berubah-ubah dan harganya bisa melambung tinggi. Misal, beberapa waktu lalu, beberapa tanaman hias memiliki permintaan yang cukup tinggi di tahun 2020 dan 2021, seperti Monstera, Sansevieria, dan Anthurium. Kalau sudah tahu jenis tanaman hias apa yang lagi jadi tren dan banyak dicari, sebaiknya perbanyak tanaman hias jenis tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

5. Gunakan strategi pemasaran yang tepat

Bisnis tanaman hias juga butuh strategi pemasaran, lho. Kamu bisa menggunakan banyak platform seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan e-commerce untuk menjual tanaman hias. Cari ide konten apa saja yang bisa kamu posting di media sosial untuk menarik perhatian pelanggan, selain foto-foto tanaman hias yang kamu jual.


Sumber : suara

0 comments: