Buruh Dipotong Gaji 'Colek' Messi, Pabrik Sepatu Tangerang Beri Penjelasan

Rabu, November 23, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Pemain sepak bola Lionel Messi yang juga brand ambasador sebuah merek sepatu 'dicolek' oleh seorang buruh pabrik sepatu.
Buruh tersebut menampilkan spanduk soal gaji dipotong oleh tempatnya bekerja, yakni PT Panarub, sebuah pabrik yang memproduksi sepatu untuk brand yang sama dengan yang menjadikan Messi sebagai brand ambassador.

Pernyataan buruh yang menyinggung nama Messi dalam unggahannya di media sosial itu sempat viral. Hal itu mengundang respons dari berbagai pihak tak terkecuali pihak manajemen PT Panarub yang akhirnya buka suara memberi klarifikasi.

Direktur Panarub Budiarto Tjandra mengungkapkan bahwa skema pemotongan gaji yang diungkit dan dipermasalahkan dalam unggahan viral itu perlu diluruskan.


"Itu kemarin di salah satu jurnal human rights udah di-posting juga klarifikasi. Jadi memang tidak ada yang dilanggar juga, semua udah ikuti aturan dari pada Pemerintah," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (23/11/22).

Jurnal tersebut berasal dari Business & Human Rights Resource Centre dengan judul Unpicked Fashion & Freedom Of Association yang rilis Oktober 2022. Dalam jurnal ini, manajemen PT Panarub Industri mengklaim kebijakan tentang cuti bagi pekerja PT Panarub Industri dengan ketentuan membayar 50% gaji selama cuti pada 1-3 Juli, 4 -7 Agustus, dan 31 Agustus - 8 September 2020.

"Pemotongan 50% gaji hanya untuk cuti pada tanggal di atas (berdasarkan perhitungan gaji harian). Jadi, potongannya bukan 50% dari gaji sebulan penuh," tulis manajemen Panarub," sebutnya.

Sumber : detik.com

0 comments: