Cara Membuat Akun WhatsApp Business, Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Rabu, November 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat akun WhatsApp Business tidaklah sesulit yang dibayangkan, merupakan satu bagian dengan platform WhatsApp pribadi, WhatsApp Business menyajikan fitur-fitur yang membantu para pemilik usaha dan mempermudah komunikasinya dengan konsumen

WhatsApp Business adalah platform yang dirancang untuk tujuan bisnis. Artinya hanya akan ada intervensi profesional di akun tersebut. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti Balasan Cepat, Pesan Salam, dan Pesan Jauh. 

Pilihan fitur yang lebih beragam daripada WhatsApp pribadi ini membuat WhatsApp Business menjadi pilihan untuk komunikasi dalam berbisnis. Aplikasi ini tersedia di Android Store dan Apple Store. anda juga dapat mengakses versi bisnis menggunakan web WhatsApp.

Lantas bagaimana cara membuat akun WhatsApp Business? Untuk menjawabnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat akun WhatsApp Business baru dan cara mengubah WhatsApp Pribadi menjadi WhatsApp Business 

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

1. Instal Aplikasi WhatsApp Business di Ponsel Anda

Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store dan App Store. Selain itu, ini gratis untuk diunduh. Jadi, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal aplikasi WhatsApp Business di ponsel anda.

2. Luncurkan Aplikasi

Selamat. anda baru saja menyelesaikan langkah pertama dan sedang dalam proses membuat Akun WhatsApp Business. Setelah mengunduh aplikasi, luncurkan di perangkat anda. Sekarang, anda akan diminta untuk menyetujui Persyaratan Layanan sebelum melanjutkan. Sebaiknya anda membaca kebijakan sebelum melangkah lebih jauh. Kemudian, anda dapat menerimanya dan klik tombol "Lanjutkan".

3. Buat Akun Bisnis Anda

Anda dapat menggunakan nomor yang ada untuk menyiapkan akun WhatsApp Business atau memilih yang baru. Pada langkah selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih nomor yang ingin anda gunakan untuk membuat akun WhatsApp Business.

Anda akan menemukan dua opsi muncul di layar anda. Satu untuk menggunakan nomor saat ini dan satu lagi untuk nomor baru. anda dapat memilih satu sesuai preferensi anda dan pindah ke langkah berikutnya.

4. Verifikasi Nomor Anda

Setelah anda memilih nomor yang ingin anda gunakan untuk akun bisnis WhatsApp, langkah selanjutnya adalah memverifikasinya. Masukkan nomor yang anda kaitkan dengan aplikasi WhatsApp Business anda. Anda akan menerima SMS verifikasi atau Panggilan di atasnya.

Ini akan menjadi kode enam digit yang akan anda terima melalui SMS. Aplikasi akan secara otomatis mengambil kode dan memverifikasi nomornya. Jika anda tidak memiliki nomornya, anda harus memasukkan nomor secara manual. Jika anda kesulitan mendapatkan SMS, anda dapat memilih verifikasi melalui panggilan. 

5. Berikan Izin untuk Mengakses Kontak dan File

Sekarang anda akan menggunakan akun bisnis WhatsApp anda untuk tugas profesional, pastikan aplikasi dapat mengakses kontak dan file media anda. Buka pengaturan seluler anda untuk aplikasi WhatsApp Business dan aktifkan Akses ke notifikasi, audio, kontak dan semua file media. 

6. Buat Profil Bisnis

Setelah anda melalui langkah-langkah yang disebutkan di atas, akhirnya saatnya membuat profil WhatsApp Business anda. anda akan diminta untuk melengkapi akun anda dengan berbagai detail yang terkait dengan bisnis anda. Berikut detail lengkapnya:

- Gambar Profil: Anda perlu menambahkan foto profil yang terkait dengan bisnis anda seperti logo bisnis. 

- Nama Bisnis: Masukkan nama bisnis anda yang dikenal dan digunakan secara resmi.

- Kategori: Di ​​bidang ini, anda harus memilih kategori/ industri tempat bisnis anda beroperasi. anda akan memiliki menu dropdown kategori untuk dipilih.

- Deskripsi: Jelaskan tentang bisnis anda. Perhatikan, anda harus melakukannya dalam 256 karakter.

- Alamat Bisnis: Masukkan alamat resmi kantor perusahaan anda.

Jadi, anda harus mengisi detail ini agar orang lain dapat mengenali anda. Selain itu, anda juga dapat menyebutkan detail tambahan untuk memperkuat penyiapan profil anda. Anda akan menemukan opsi ini di bagian “Jelajahi alat bisnis”. Berikut rinciannya:

- Profil bisnis: Di sini, anda dapat memasukkan detail seperti alamat email resmi, tautan situs web, dan jam kerja operasi bisnis anda. 

- Katalog: Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menampilkan daftar layanan dan produk anda. 

- Alat perpesanan: Anda dapat membuat pesan otomatis untuk mengelola komunikasi dengan klien anda dengan mudah.

Memperbarui detail ini di profil anda akan membuat akun anda terlihat lebih interaktif dan meningkatkan interaksi anda dengan pelanggan. Namun, ini opsional dan anda dapat mengisinya nanti.

Cara Mengubah WhatsApp Pribadi ke Akun WhatsApp Business

Jika anda memilih untuk membuat nomor WhatsApp yang ada untuk membuat akun bisnis, anda harus mengonversi satu ke yang lain. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengonversi WhatsApp prinadi ke akun bisnis.

1. Buat Cadangan Akun WhatsApp Pribadi

Sebelum mengubah akun WhatsApp anda, anda perlu memastikan bahwa anda memiliki cadangan data WhatsApp anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah:

- Buka WhatsApp di perangkat Android atau iOS.

- Arahkan ke Pengaturan WhatsApp.

- Luaskan bagian Obrolan.

- Ketuk opsi "Cadangan Obrolan".

- Klik "Cadangkan Sekarang".

- Tunggu sampai proses pencadangan selesai. 

2. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Setelah anda memiliki cadangan, saatnya untuk menginstal aplikasi WhatsApp Business di perangkat anda. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

3. Terima Persyaratan Layanan

Saat melanjutkan, anda akan menemukan persyaratan layanan di layar. anda harus setuju untuk mengkonfirmasinya. 

4. Lanjutkan dengan Nomor anda Saat Ini

Akun WhatsApp anda akan mendeteksi nomor pribadi yang anda gunakan. Sekarang, anda harus melakukan proses transfer.

5. Transfer Data

Setelah anda memilih nomor yang ada untuk melanjutkan, akun akan secara otomatis mulai mentransfer data anda ke akun bisnis anda.

6. Berikan Izin

Tunggu saat transfer akun bisnis WhatsApp sedang berlangsung. Setelah transfer selesai, anda cukup melanjutkan langkah-langkah berikut:

- Ketuk opsi "Pulihkan" atau "Lanjutkan".

- Klik tombol "Selanjutnya".

- Izinkan izin untuk berbagi foto dan video, beserta data lain seperti kontak dan file. Ini akan memungkinkan anda untuk mengakses data dari akun standar anda ke akun bisnis.

7. Buat Akun Bisnis WhatsApp

Sekarang setelah anda berhasil melakukan langkah-langkah di atas, lanjutkan ke pembuatan akun. Pada langkah ini, anda perlu menyiapkan foto profil yang terkait dengan bisnis anda, masukkan nama bisnis, kategori, dan deskripsi singkat tentang apa yang ditawarkan bisnis anda.

8. Buat Profil Bisnis Anda

Buat profil bisnis dengan menambahkan detail terkait bisnis anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah cepat berikut:

- Buka bagian Pengaturan WhatsApp.

- Ketuk Nama Bisnis anda.

- Tambahkan detail yang relevan.

- Selesai, akun WhatsApp pribadi anda telah berubah menjadi akun WhatsApp Business.

Sumber : liputan6

0 comments: