Cara Pintar Matematika dan Tips Belajarnya Agar Cepat Paham

Selasa, November 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Belajar matematika merupakan salah satu kegiatan yang dapat membawa manfaat bagi individu. Dengan belajar matematika, kemampuan pola pikir, ketajaman akal, dan sistematika otak akan terasah dengan sempurna.
Mengutip buku Peka Soal Matematika SMA Kelas XI dan XII susunan Darmawati (2020), matematika adalah cabang ilmu yang selalu memberikan jawaban pasti. Untuk menguasainya, Anda harus terlebih dulu memahami teori yang dipelajari dan memperbanyak latihan soal.
Jika ingin mempelajari ilmu matematika lebih lanjut, Anda perlu mendalami teknik menghitung cepat (quick count). Kemampuan ini tidak hanya akan berguna untuk kegiatan di sekolah, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari.
Ada banyak materi yang dipelajari dalam ilmu matematika, di antaranya aritmatika, aljabar, limit, dan pecahan. Bagaimana cara pintar matematika? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut ini.

Cara Pintar Matematika

Anda membutuhkan tekad dan kesungguhan dalam mempelajari ilmu matematika. Anda perlu memahami teori, memperbanyak latihan soal, dan rajin menghitung angka.
Kemudian, Anda juga bisa meringkas materi untuk memudahkan belajar ketika mendekati ujian. Dirangkum dari buku Super Bank: Bahas Soal Matematika SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX karya Sertia Dwi Yuniasari (2018), berikut tips dan cara pintar matematika yang bisa Anda simak.

1. Hindari menghafal

Matematika adalah ilmu eksak yang tidak perlu dihafalkan. Di samping itu, otak manusia juga memiliki keterbatasan dalam mengingat informasi berupa angka.
Untuk itu, sebaiknya buat catatan singkat tentang materi matematika yang akan dipelajari. Anda bisa mengurutkannya mulai dari yang paling sulit hingga paling mudah.

2. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Bisa dengan mendengarkan musik, belajar dalam suasana sepi, menonton video, dan lain-lain. Kenalilah cara belajar Anda dengan baik.
Kemudian, mulai buat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan Anda. Tulis materi yang sering dijelaskan secara berulang-ulang oleh guru, karena biasanya materi tersebut sering keluar dalam ujian.

3. Perbaiki mood

Saat ingin belajar matematika, Anda bisa menyantap makanan bergizi untuk menaikkan mood. Anda bisa menjadikan buah anggur, pisang, dan cokelat sebagai pilihan.
Kemudian, usahakan untuk olahraga secara teratur dan lakukan refreshing otak dengan jalan-jalan santai. Lakukan hobi atau kegiatan yang sesuai dengan passion Anda. Cara ini efektif untuk memperbaiki mood dan semangat belajar.

4. Perbanyak latihan soal

Memperbanyak latihan soal dapat mengasah kemampuan matematika Anda. Ini adalah hal penting untuk mengukur seberapa paham Anda terhadap materi yang telah diajarkan. Jika ada materi yang sulit, coba kerjakan latihan soalnya berulang kali hingga terbiasa.

5. Diskusi dengan mentor

Mentor atau guru dapat membantu Anda memahami soal matematika. Jangan ragu untuk menanyakan materi yang tidak Anda ketahui kepadanya. Fungsi mentor adalah mengarahkan Anda agar dapat memahami soal dan materi matematika dengan baik

Sumber : kumparan.com

0 comments: