Catat! 5 Tips buat Bantu Meningkatkan Nafsu Makan Menurut Studi

Kamis, November 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kehilangan nafsu makan tidak hanya membuat seseorang memiliki keinginan yang rendah untuk makan. Tetapi jika dibiarkan, maka hal ini justru akan menimbulkan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis. Namun, kamu tidak perlu panik. Terdapat beberapa studi yang membagikan cara untuk meningkatkan nafsu makan.
Meningkatkan nafsu makan tidak harus selalu dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak atau tinggi MSG. Ada beberapa cara yang mudah dan bisa dilakukan sehari-hari untuk meningkatkan kebiasaan ini.
Mengutip Eat This, untuk meningkatkan nafsu makan, kamu tidak harus memulainya dengan yang sulit. Hal-hal mudah yang kerap kamu lakukan sehari-hari pun bisa membantu kamu untuk makan lebih lahap. Berikut ini kumparanFOOD telah merangkum tipsnya untuk kamu. Penasaran?

1. Makanlah dengan perasaan senang

Memasak atau makan dengan orang lain dapat membantu merangsang nafsu makan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menonton TV atau acara favorit selagi makan.
Studi dari Physiology and Behavior Journal pada tahun 2006, mengungkapkan makan bersama teman dapat meningkatkan nafsu makan sebesar 18 persen. Sementara itu, makan sambil nonton TV dapat meningkatkan sebesar 14 persen.

2. Mengganti ukuran piring

Percaya atau tidak, ukuran piring dapat memengaruhi selera kamu untuk makan. Piring yang terlalu kecil dan penuh dapat mengurangi keinginan kamu untuk makan. Mengganti piring dengan ukuran yang lebih besar memberikan ilusi ke otak supaya kamu berpikir makan dalam porsi yang kecil.
Studi dari Appetite Journal pada tahun 2011, mengatakan bahwa ukuran piring dapat membuat kamu menyajikan makanan dengan porsi yang lebih besar.

3. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan merupakan sebuah aktivitas penting di pagi hari untuk mengisi energi sebelum beraktivitas. Jika kamu ingin meningkatkan nafsu makan dan berat badan, maka sarapan menjadi awal yang baik.
Studi dari American Society for Clinical Nutrition pada 2014, mengungkapkan bahwa sarapan dapat meningkatkan efek termogenesis tubuh yang membuat kamu membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. Ini dapat meningkatkan nafsu makan kamu.

4. Batasi minum saat makan

Jika kamu terbiasa minum sebelum atau disela-sela makan, maka hentikanlah! Studi dari Nutrition Foundation pada 2010, menjelaskan meminum air sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori dan membantu mengurangi berat badan. Dengan kata lain, kebiasaan minum ini justru tidak baik untuk kamu yang ingin meningkatkan nafsu makan. Cobalah untuk membatasi minum air sebelum makan.

5. Konsumsilah makanan favoritmu

Mengonsumsi makanan favorit dapat menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan selera makan. Studi dari Appetite Journal pada tahun 2017, menjelaskan jika seseorang dapat memilih apa yang dia makan. Maka dia akan memiliki kecenderungan makan yang lebih banyak daripada mereka yang tidak memiliki pilihan.
Namun perlu dicatat ya, makanan favorit bukan berarti kamu bisa menyantap makanan cepat saji atau yang tidak sehat lainnya. Kendati demikian, kamu bisa memasak dan menyajikan makanan dengan bahan yang lebih sehat dan bergizi. Supaya nafsu makan kamu meningkat dan dapat menjaga kesehatan tubuh juga. Selamat mencoba!

Sumber : kumparan.com

0 comments: