Catat! Begini 4 Tips Merebus Air agar Cepat Mendidih

Selasa, November 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Merebus air adalah salah satu keterampilan memasak termudah yang mungkin bisa dilakukan oleh setiap orang. Namun, pernahkah kamu merasa bahwa semakin ditunggu, air dalam panci justru terasa semakin lama untuk mendidih?
Tentu, hal tersebut mitos belaka. Tapi, ternyata memang ada beberapa hal yang bisa saja memengaruhi waktu perebusan air, lho.
Mengutip The Daily Meal, selain faktor utama yang jelas telah diketahui banyak orang, yaitu panas yang digunakan untuk merebus air. Ternyata masih ada beberapa hal yang bisa jadi luput dari pantauan kamu, sehingga memengaruhi waktu yang digunakan untuk merebus air.
Oleh karena itu, kumparanFOOD telah merangkum setidaknya ada empat tips, yang bisa kamu gunakan agar air lebih cepat mendidih. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah:

1. Gunakan penutup panci

Ilustrasi merebus air untuk face steaming atau menguapi kulit wajah. Foto: Gorloff-KV/Shutterstock
Selain menggunakan api secara maksimal, penggunaan tutup panci juga menjadi tips penting lainnya. Sebagian dari kamu mungkin lupa atau terkadang abai untuk menggunakan tutup panci, ketika merebus air. Padahal, penggunaan tutup panci dinilai bisa memangkas waktu perebusan air secara signifikan, lho.
Menurut America’s Test Kitchen, penggunaan tutup panci dinilai bisa memangkas waktu perebusan hingga satu menit lebih cepat, daripada tidak menggunakan tutup. Hal ini dikarenakan, dengan penggunaan tutup panci, uap air tidak bisa keluar sehingga bisa menjaga panas dan mempercepat proses perebusan air.

2. Gunakan air secukupnya

Sebelum merebus air, kamu perlu memastikan seberapa banyak air yang akan dibutuhkan dalam proses memasak. Biasanya, pada label sebuah makanan dan minuman, tertera jumlah air yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya.
Hal ini akan membantu kamu untuk mengira-ngira jumlah air yang dibutuhkan, dibandingkan dengan langsung menuangkan air secara berlebihan. Tentu, jika semakin sedikit air yang direbus, maka semakin cepat pula air tersebut untuk mendidih.

3. Gunakan panci berukuran lebih besar

Tips ketiga ini mungkin tergantung pada apa yang akan kamu masak. Akan tetapi, menggunakan panci berukuran besar dengan permukaan lebih luas, dinilai akan mempercepat proses perebusan air. Hal ini dikarenakan, semakin banyak volume air yang akan lebih dekat dengan sumber panas, yaitu kompor di bawah panci tersebut; yang memungkinkan proses perebusan air menjadi lebih cepat.

4. Tambahkan garam

Proses merebus air agar lebih cepat mendidih dengan menggunakan garam, memang dinilai tidak terlalu efektif. Hal ini dikarenakan, meskipun secara kimiawi dengan menambahkan garam akan meningkatkan tingkat didih, tetapi hanya akan memberikan sedikit perbedaan waktu.
Namun, bukan berarti tips ini bisa diabaikan. Hal ini karena, meskipun hanya akan mempercepat beberapa detik dalam perebusan air; tetapi menambahkan garam akan membantu dalam hal memberikan rasa pada hidangan.
Misalnya, jika kamu merebus air untuk membuat pasta, maka menambahkan garam lebih awal, selain mempercepat proses perebusan air juga akan menghasilkan rasa yang lebih menyerap.
Nah, itulah empat tips yang bisa kamu gunakan ketika akan merebus air agar lebih cepat mendidih. Dari keempatnya, biasanya tips merebus air yang manakah yang lebih sering kamu lakukan di rumah?

Sumber : kumparan.com

0 comments: