Contek 5 Tips Bikin Makanan Sehat Lebih Enak

Jumat, November 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Makanan sehat sering dianggap tidak enak karena hanya dimasak dengan sedikit bumbu. Sebenarnya ada tips yang bisa dilakukan untuk membuat makanan sehat lebih enak. Ini tipsnya!

Banyak orang menghindari konsumsi makanan sehat karena dianggap tidak seenak makanan pada umumnya. Makanan sehat memang biasanya hanya diberi sedikit bumbu dan cara masaknya seperti dikukus atau direbus. Pada akhirnya, tampilan, aroma, bahkan rasa pada makanan sehat ini tidak menggiurkan.

Namun, tak sedikit juga mereka yang tengah berjuang untuk membuat makanan lezat dan sehat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tak perlu ragu untuk memulai membuat makanan sehat karena ada beberapa cara mudah yang yang bisa dilakukan untuk membuat makanan itu lebih enak.

Merangkum hindustantimes.com (04/11), ahli gizi Vatche Shakarian membagikan 5 tips mudah membuat makanan sehat lebih enak
.
1. Tambahkan Rempah dan Bumbu
Bumbu dapur seperti bawang putih bisa membuat makanan lebih keluar rasanya dan lebih sehat. Foto: Getty Images

Sebagian orang berpikir bahwa penambahan rempah dan bumbu akan menghancurkan nutrisi pada makanan. Hal ini benar jika rempah dan bumbu yang digunakan tidak sehat dan jumlahnya berlebihan .

Vatche Shakarian merekomendasikan untuk menambah rempah dan bumbu pada makanan sehat agar tidak terlalu membosankan. Jenisnya bisa bawang putih, jahe, lengkuas, jinten, cengkeh, lada, dan masih banyak lagi.

Bumbu dapur tersebut masih bisa digunakan asalkan tidak berlebihan. Bahkan Shakarian meminta untuk tidak perlu takut menggunakan bumbu-bumbu dapur.

2. Tambahkan Saus Rendah Kalori
Saus-saus seperti saus tomat atau saus mayones memang punya kalori tinggi. Namun, kamu bisa mencari alternatif saus lain yang lebih sehat.

Kini, ada banyak saus rendah kalori yang bisa ditemukan. Contohnya saja pengganti saus barbeque dengan saus barbeque tanpa gula yang punya kalori jauh lebih rendah.

Di beberapa supermarket, juga tersedia saus-saus rendah kalori yang ramah untuk diet. Seperti saus mayones rendah kalori hingga saus sambal yang sudah terbebas dari gula.

Namun penggunaanya tetap harus diperhatikan, karena beberapa saus yang dijual di supermarket bisa jadi tetap ditambah dengan bahan-bahan yang kurang sehat.

3. Panggang Sayuran
Jika bosan direbus atau dikukus, sayuran juga bisa dipanggang. Ini tentu lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dengan minyak. Foto: iStock

Ketika ingin melakukan diet sehat, hindarilah makanan yang digoreng dengan minyak. Lebih baik olah makanan tersebut dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus.
Tetapi, sayuran yang dikukus atau direbus seringkali tidak punya rasa yang kuat dan enak. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mencoba memanggang sayuran.

Proses pemanggangan sayuran itu dapat membantu menambah rasa. Sayuran yang hendak dipanggang juga bisa ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun dan garam agar lebih lezat.

Menambahkan beberapa bawang bombay, bawang putih, atau bumbu herbal lainnya juga membantu mengeluarkan lebih banyak rasa pada makanan tersebut.

4. Tambahkan sumber lemak sehat
Beberapa sumber lemak pada makanan punya kalori yang tinggi, namun masih bisa dipakai dalam jumlah yang sedikit. Coba manfaatkan minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, dan kacang-kacangan agar rasa makanan lebih enak.

5. Pakai Jeruk untuk Menambah Rasa
Makanan sehat juga bisa ditambah dengan perasan jeruk, salah satunya jeruk nipis. Foto: Ari Saputra

Jeruk bukan hanya bisa dimakan secara utuh, melainkan juga dipakai untuk campuran minuman bahkan makanan.

Aromanya yang kuat akan mempengaruhi rasa pada makanan. Salah satu contoh penggunaan jeruk yaitu untuk membumbui ikan mentah. Dibandingkan membumbui ikan dengan tambahan saus-saus kurang sehat, lebih baik ditambah dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

Salad juga bisa dibumbui dengan menambah sedikit perasan jeruk nipis untuk membantu mengeluarkan rasa salad. Jika ingin menumis makanan, kamu bisa juga menambahkan kulit jeruk ke dalamnya agar ada rasa asam segar.


Sumber : detik.com

0 comments: