Daya Tarik Rias Wajah di Festival Budaya Papua

Rabu, November 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pelaku UMKM di Papua, tata rias wajah. (Foto Media Center KMAN VI)

Festival budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau pelaku UMKM. Terlebih usai COVID-19 mulai melandai, sejumlah festival budaya hingga kuliner dan kegiatan serupa lainnya selalu dinanti.

Pelaku UMKM Art Shop & Suvenir Khas Papua, Wadomu Art yang menyediakan berbagai aksesoris etnik Papua mengaku selalu menanti festival budaya.
Wadomu Art yang menyajikan riasan wajah, kerap mencuri perhatian pengunjung pada lokasi festival budaya.
Deni Rumbiak, pemilik Wadomu Art mengaku selalu terlibat dalam berbagai perhelatan festival atau gebyar UMKM yang dilakukan di tanah Papua, seperti yang belum lama ini dilakukan yakni Festival Danau Sentani (FDS) ke-13 yang dilaksanakan di Pantai Khalkote Sentani yang dirangkaikan dengan perhelatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di Tanah Tabi.
“Rias wajah menjadi salah satu daya tarik yang banyak diminati pengunjung,” jelasnya, saat ditemui di sela-sela kegiatannya.

Tak Sembarangan

Merias wajah harus disesuaikan dengan figur siapa yang akan dirias. Jika perempuan, maka riasannya harus menggambarkan kecantikan seorang bidadari. Berbeda jika dia seorang laki-laki, maka riasannya menggambarkan kegagahan dan keperkasaan figur seorang lelaki.
“Kita merias wajah juga disesuaikan dengan situasi. Kalau untuk riasan biasa harus menggambarkan ketenangan atau sukacita,” ujarnya.
Lain halnya untuk karakter keras, biasanya digunakan untuk perang atau pentas tari perang-perangan. “Untuk itu, jika merias wajah tidak boleh sembarang,” ujarnya.
Dirinya berharap pemerintah atau instansi terkait dapat menggelar pesta budaya sesering mungkin, untuk merangsang pelaku UMKM.
“Kami harap pemerintah atau dinas terkait dapat memperbanyak event-event budaya, karena dengan event ini, usaha kami bisa berkembang. Suvenir yang dibuat juga bisa dibeli sebagai cenderamata,” jelasnya.
Galeri atau Art Shop & Suvenir Khas Papua, Wadomu Art beralamat di Jalan Gerilyawan Abepura, Kota Baru, Kota Jayapura. Atau tepat di depan Masjid As-Salihin Abepura.

Sumber : okezone.com

0 comments: