Dua Kali Jadi Dosen di UGM, Ternyata Prilly Punya Cita-cita Ini Sejak Kecil

Sabtu, November 19, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments




Aktris Prilly Latuconsina telah dua kali menjadi dosen tamu di Universitas Gadjah Mada (UGM). Terakhir, lulusan London School of Public Relation (LSPR) ini mengajari materi tentang "Selebritas dan Media" di Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, Kamis (10/11/2022).
Meski sudah dua kali mengajar di UGM, Prilly masih membuka kesempatan ke depannya untuk mengajar di kampus lain.

Prilly mengaku menyukai bidang pengajaran karena menjadi salah satu passion-nya. Bahkan telah menjadi cita-citanya sejak kecil, di mana ia ingin menjadi guru.

"Belum tentu terakhir. Terakhir untuk kajian (Selebritas dan Media) ini. Kalo saya sih sangat terbuka sekali untuk kesempatan mengajar di manapun. Karena ini adalah salah satu passion saya, dari kecil emang cita-cita saya ingin jadi guru," ucapnya saat ditemui di UGM, Kamis (10/11/2022).

Bisa Mengajar Berkat Program Kampus Merdeka
Prilly juga menyampaikan bahwa dirinya bisa mengajar berkat program Praktisi Mengajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).


Prilly mendaftar dalam program tersebut untuk kemudian dicarikan universitas yang sesuai dengan kebutuhan dan keahlian praktisi tersebut.

"Karena program praktisi mengajar ini, Program Kampus Merdeka akhirnya saya bisa punya kesempatan mengajar walaupun saya baru lulus S1, karena bisa mengajar sebagai dosen praktisi," ujarnya.

Selama mengajar, Prilly juga mengaku sangat senang karena bisa berbagai pandangan mengenai ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada mahasiswa.

"Seneng banget kalau misalnya pandangan-pandangan dari saya, materi-materi dari saya itu bisa berguna untuk mahasiswa, untuk mereka bisa memiliki pandangan lebih luas lagi," ucapnya.

Prilly berharap, apa yang sampaikan bisa pandangan bagi mahasiswa saat terjun di lapangan kerja. Karena menurutnya, seringkali teori berbeda dengan kenyataan lapangan.

"Karena kan kadang apa yang diajarkan di teori sama lapangan kerja kenyataannya berbeda. Jadi saya bisa kasih pandangan itu ke mereka," imbuh dia.

Buka Peluang untuk Mengajar di Kampus Lain
Ditanya terkait apakah punya rencana mengajar ke depan, Prilly sangat terbuka apabila ada kesempatan untuk mengajar dengan materi yang berbeda.

Karena, dengan materi berbeda bisa jadi akan membahas dengan kajian yang lebih mendalam.

"Rencana sih ada. Pengen...Siapapun yang membutuhkan jasa saya, saya mau," ungkapnya sembari tertawa.

Memberi contoh saat di UGM, Prilly menuturkan bahwa kesempatan selalu ada. Namun, hal itu menjadi hal yang lumayan perlu dipersiapkan karena berbagi dengan jadwal pekerjaan lain.

"Karena ini aja untuk ke Jogja lumayan ngatur schedulenya, berbagi waktu dengan shooting dan pekerjaan lain. Tapi saya emang mendedikasikan untuk melakukan ini jadi kampus manapun yang memang membutuhkan saya untuk saya ngajar secara materi, saya sangat terbuka," tutur Prilly.

"Saya kan platformnya di Praktisi Mengajar terbuka ya, Jadi siapapun yang ingin saya ngajar, ya bisa tinggal lewat websitenya aja," pungkasnya.

Sumber : detik.com 

0 comments: