Es Krim Isi Daging Kepiting Dijual di Jepang, Rasanya Gurih Unik

Sabtu, November 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Es krim dengan paduan rasa gurih selalu mencuri perhatian. Dari Jepang, misalnya, ada es krim isi daging kepiting sungguhan. Seperti apa rasanya?

Jepang punya ragam es krim bercita rasa unik. Kalau matcha dan sakura sudah biasa, bagaimana dengan kani? Kani merupakan sebutan kepiting dalam bahasa Jepang.

Es krim kepiting ini bukan bualan belaka, melainkan kenyataan karena ditawarkan oleh Kani Doraku. Jaringan restoran Jepang spesialis kepiting ini terkenal dengan logo kepiting raksasa di bagian depan gerainya.


Es krim kepiting disajikan dalam cup kecil. Namanya The Crab Ice Cream yang diluncurkan berbarengan dengan mulainya musim kepiting Jepang bernama sannin matsuba. Kepiting ini biasanya ditangkap di lepas pantai barat laut pulau Honshu.

Kani Doraku, restoran spesialis kepiting di Jepang yang tawarkan es krim isi daging kepiting asli. Foto: Sora News 24

Mengutip Sora News 24 (3/11), Kani Doraku mengaku butuh waktu hingga 2 tahun untuk mengembangkan es krim kepiting. Menurut mereka, bagian tersulit adalah menggabungkan cita rasa asli kepiting dengan es krim vanilla.

Uniknya, Kani Doraku juga menambahkan elemen kejutan dari penggunaan garam laut. Jenis yang dipakai istimewa karena berasal dari Pulau Natal di Republik Kiritimati.

Mereka menyarankan untuk melahap es krim ini berbarengan yaitu antara es krim vanilla, daging kepiting, dan garam lautnya. "Kami yakin cita rasa es krim ini lebih enak dari apa yang Anda bayangkan," tutur pihak Kani Doraku.

Rencananya es krim rasa unik ini akan dijual pada 6 November 2022 seharga 500 yen atau sekitar Rp 53.000. Es krim dijual eksklusif di bagian suvenir di pintu masuk cabang utama Kani Doraku di distrik Dotonbori Osaka.

Potongan daging kepiting asli ada di dalam es krim. Foto: Sora News 24

Sebelum es krim rasa kepiting, di Jepang juga ada es krim rasa katsuobushi yang sempat menghebohkan netizen. Pasalnya katsuobushi yang merupakan serutan halus ikan tuna asap ini biasanya jadi condiment makanan gurih seperti takoyaki dan okonomiyaki.

Es krim katsuobushi ini dibuat Katsuobushi Ninben bekerja sama dengan Seika Micotoya. Namanya Odashi no Omekashi yang artinya adalah 'dashi yang didandani'. Es krim gurih hadir dalam tiga rasa berbeda namun terdiri dari rasa utama dashi dan katsuobushi yang terbuat dari ikan tuna.

Es krim ini dijual dalam satu paket dengan tiga pilihan rasa berbeda. Harganya dibanderol mulai dari 1.950 yen atau setara Rp 230 ribu.


Sumber : detik.com

0 comments: