Festival Pamenan Minangkabau Digelar di Rumah Gadang, 11-13 November Mendatang

Jumat, November 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Komunitas Seni Hitam Putih akan menggelar Festival Pamenan Minangkabau 2022, di Istano Si Linduang Bulan Pagaruyaung, Tanjung Ameh, Tanah Datar, 11-13 November mendatang.
Direktur Festival Yusril Katil mengatakan, perancangan festival ini dimulai dari konsep pamenan, kata ini sering digunakan dalam praktik adat budaya Minangkabau seperti petatah, petitih, pasambahan, mamangan adat, dan sebagainya.

Ia melanjutkan, Festival Pamenan Minangkabau ini adalah upaya mengkombinasikan peristiwa budaya dengan kreatif inspirasi rumah gadang dengan mengoptimalkan ruang sosial budaya.
Dijelaskan Yusril, setelah melewati proses dan kerja kuratorial, akan ada 16 kelompok pamenan dengan basis genre kreasi yang berbeda-beda tampil pada Festival ini nantinya.
Sementara itu Ketua Kurator Sahrul menyebutkan, pamenan bukan hanya sekadar konsep permainan rakyat, namun juga sebagai konsep berpikir dalam kehidupan. Pola pamenan dalam pemikiran masyarakat Minangkabau dilandasi oleh filosofis budaya.
Ia juga menambahkan, rumah gadang dipilih karena rumah adat Minangkabau ini adalah salah satu perkenalan pertama kaum Minangkabau dengan sistem matrilinealnya.
“Rumah gadang merupakan “dunia ibu,” salah satu ruang penting bagi masyarakat Minangkabau dalam budaya,” ujarnya, Kamis (3/11/2022).

Sumber : kumparan.com

0 comments: