Foto: Seniman Palestina Melestarikan Identitas Arab Lewat Melukis Kaca

Selasa, November 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Dari rumah dan bengkelnya yang menghadap masjid al-Aqsa, seniman Palestina Azzam Abu Saud bercita-cita untuk menghidupkan kembali pola arab pada kaca yang sebelumnya lazim di jendela di kotanya di Yerusalem.

Dikutip dari Reuters, Abu Saud mengatakan, mengambil keterampilan sejak usia muda, dia belajar cara mengukir kayu dari pamannya dan melukis di atas kaca dari seniman Italia.
“Ketika saya melihat seniman di masjid al-Aqsa, dekat dengan tempat saya dulu tinggal ketika saya masih kecil, terutama seniman Italia, mengerjakan jendela Kubah Batu, saya biasa melibatkan diri dan bekerja dengan mereka,” ujarnya.
Seniman Palestina Azzam Abu Saud melukis jendela kaca patri Arabesque di studionya di Yerusalem. Foto: Ammar Awad/REUTERS
Abu Saud saat ini memiliki tujuan untuk melestarikan identitas Arabnya melalui karya seni.
"Saya ingin menghidupkan kembali citra umum kota tua di Yerusalem, untuk menjadikannya kota Arab yang terdefinisi dengan baik sebagai lawan dari apa yang dilakukan Israel dalam mengubah citra umum Yerusalem menjadi lebih Yahudi," katanya.
Abu Saud, yang memamerkan karya seninya di berbagai galeri di sekitar Yerusalem dan Tepi Barat, juga seorang penulis drama dan kolumnis di surat kabar lokal.
Sumber : kumparan.com

0 comments: