Gaet Budayawan, Pemkab Agam Upayakan Pelestarian Kebudayaan Minangkabau

Kamis, November 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Audiensi Pemkab Agam dengan budayawan Yus Dt Parpatiah untuk melestarikan budaya Minangkabau, Rabu (2/11/2022). Dokumentasi: Humas Pemkab Agam

Pemkab Agam mengupayakan percetakan ulang buku karya budayawan Yus Dt Parpatiah untuk melestarikan budaya Minangkabau.
Hal ini diungkap Bupati Agam Andri Warman saat melakukan audiensi dengan Yus Dt Parpatiah di Rumah Dinas Bupati Agam, Lubuk Basung, Rabu (2/11/2022).
“Selain untuk mempererat tali silaturahmi, kunjungan ini juga mendiskusikan kerja sama terkait pencetakan ulang buku adat yang ditulis Yus Dt Parpatiah," ungkapnya.
Upaya ini, kata Andri Warman, ditujukan untuk pendidikan generasi muda agar paham akan Agam serta adat dan budaya.
“Dengan adanya karya-karya dari Angku Yus Dt Parpatiah ini, bisa jadi pedoman dan bekal generasi muda dalam mempelajari adat budaya Minangkabau,” ujarnya.
Kepada dinas terkait, Bupati Agam telah menginstruksikan persiapan seluruh berkas yang diperlukan untuk kerja sama (MoU) dengan Yus Dt Parpatiah.
Sejalan dengan rencana pemkab, budayawan Yus Dt Parpatiah turut menyatakan keinginannya agar seluruh karya terkait adat dan budaya bisa dilestarikan dan menjadi pedoman bagi generasi muda.
“Saya berharap semua karya yang ada, dapat disimpan atau menjadi arsip bagi Pemkab Agam agar nantinya tidak hilang satu persatu,” ujarnya.
Selain itu, pihaknya juga menginginkan kerja sama terkait pencetakan ulang karya terbarunya, Menyingkap Wajah Minangkabau, Paparan Adat dan Budaya.
“Buku ini sangat penting, karena di dalamnya membahas secara detail terkait adat dan budaya Minangkabau,” imbuh budayawan yang kini memasuki usia 83 tahun ini.

Sumber : kumparan.com

0 comments: