Highly Sensitive Person si Manusia Unik, Benarkah?

Rabu, November 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Pernahkah Anda merasakan emosi di sekitar Anda hingga tidak mampu mengendalikannya? Pernahkah Anda merasa gelisah dan lelah saat berada dalam situasi yang ramai?

" Tahukah Anda bahwa sekitar 20% populasi manusia di dunia dilahirkan dengan sensitivitas yang lebih tinggi terhadap stimulus."
Highly Sensitive Person bukan sebuah kebetulan
Bukan hanya sebuah kebetulan, seseorang dengan sensitivitas yang tinggi biasa disebut dengan Highly Sensitive Person atau HSP. HSP adalah kepribadian yang merujuk pada sensitivitas individu terhadap stimulus internal maupun eksternal, termasuk isyarat emosi. HSP memiliki tingkat kesadaran dan sensitivitas yang lebih tinggi dari rata-rata terhadap lima sistem indra. Namun, apa yang menyebabkan seorang HSP memiliki tingkat kepekaan atau sensitivitas yang lebih tinggi daripada orang pada umumnya?
Uniknya Highly Sensitive Person
Secara biologis, seorang HSP memiliki dopamin pada neurotransmitter dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan membuat otak seorang HSP jauh lebih aktif daripada orang pada umumnya. Sebuah alat pengukur aktivitas otak yang disebut dengan Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) menunjukkan bahwa hasil gambar otak pada seorang HSP lebih aktif dalam melibatkan kewaspadaan, atensi, dan pengambilan keputusan. Selain itu, HSP juga dapat diturunkan secara genetik.

Banyak orang berpikir bahwa seorang HSP mampu meramal masa depan. Namun, faktanya otak yang terlalu aktif dapat menyebabkan stimulasi yang berlebihan sehingga membuat seorang HSP kesulitan dalam mengontrol emosinya dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti stres, gangguan kecemasan, bahkan depresi.
HSP sangat rentan mengalami kecemasan karena sistem kognisi dan intuisi yang kuat mengantisipasi terjadinya bahaya dan menghindari terjadinya masalah. Seorang HSP juga rentan merasakan emosi di sekitarnya sehingga mudah kelelahan dan memengaruhi suasana hatinya terutama saat berada dalam kerumunan. Seorang HSP umumnya sangat sensitif terhadap sesuatu yang melibatkan kekerasan. Tak jarang dari mereka yang menghindari film bergenre thriller.
Cara yang dapat dilakukan Highly Sensitive Person untuk bertahan hidup
  • Mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup
Mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada saraf. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan tidur yang teratur dapat meningkatkan konsentrasi serta bermanfaat untuk sistem kognitif dan emosi.
  • Meluangkan waktu untuk me time
Meluangkan waktu untuk me time, misalnya, menciptakan tempat yang aman dan tenang ketika Anda perlu menjauh dari kerumunan orang dan kebisingan, mendekorasi kamar tidur atau ruang belajar yang nyaman, dan sebagainya.
  • Menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam
Seorang HSP sangat sensitif dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan menikmati keindahan alam dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu seorang HSP merasakan ketenangan.
Menjadi Highly Sensitive Person memang bukanlah hal mudah.

Semoga tulisan di atas dapat membantu Highly Sensitive Person agar mampu mengekspresikan dirinya secara bebas dan dapat membantu pembaca untuk lebih memahami dirinya sendiri. ***

Sumber : kumparan.com

0 comments: