Ibu-Ibu Merapat! Ini 5 Tips Makan Sehat Agar Perut Rata

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Seiring dengan bertambahnya usia, akan semakin sulit bagi para perempuan untuk memiliki perut rata. Namun tak perlu khawatir, para ibu-ibu bisa mulai mencoba 5 makanan ini!
Usia yang tidak muda lagi membuat kondisi kesehatan dan fisik juga berubah. Pertambahan usia secara perlahan mampu mengurangi massa otot dan massa tulang. Ahli gizi mengatakan bahwa keduanya bisa hilang secara lebih cepat, terutama jika tidak digunakan dengan berolahraga secara teratur atau tidak mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mendukung kesehatan tulang dan otot.

Massa otot dan tulang itu juga dapat mempengaruhi perut. Perut yang rata menandakan bahwa massa otot lebih banyak dibandingkan massa lemak. Oleh karena itu, akan semakin sulit untuk memiliki perut rata seiring dengan bertambahnya usia karena metabolisme akan lebih lambat seiring bertambahnya usia.


Ibu-ibu yang masih ingin mendapatkan perut lebih rata, cobalah untuk mulai konsumsi makanan yang lebih sehat. Ini karena asupan makanan menjadi faktor sangat penting.

Merangkum eatthis.com (02/11), ini 5 tips yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk membantu perut lebih rata meskipun sudah berumur 50 tahun ke atas.
1. Pilihlah Makanan Berprotein Tinggi


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membuat perut lebih rata yaitu dengan konsumsi protein tinggi.

Roxana Ehsani selaku ahli gizi mengungkap bahwa otot dapat dipertahankan dengan cara mengonsumsi protein yang cukup.

Sumber protein yang dipilih sebaiknya protein tanpa lemak seperti salmon, tuna, dada ayam, dan telur. Sementara, sumber protein nabatinya bisa kacang-kacangan, lentil, dan biji-bijian.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Laut
Jika kamu penggemar makanan laut, ini menjadi kabar bahagia. Itu karena, makanan laut mampu menjadi sumber makanan yang baik untuk meratakan perut.

Salah satu makanan laut berkualitas tinggi seperti ikan, mengandung semua asam amino esensial yang merupakan bahan penyusun protein. Ini dapat membantu mendukung perut lebih rata. Konsumsi ikan juga dapat membantu perut kenyang lebih lama.

3. Isi Piring dengan Lebih Banyak Sayuran dan Buah-Buahan

Jika saat ini kamu lebih banyak menaruh nasi dan lauk pauk, mulai sekarang mulailah isi piring dengan tambahan sayuran dan buah-buahan sehat.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang paling padat nutrisi. Mereka sarat dengan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayuran dan buah-buahan juga mengandung serat tinggi yang dapat membantu kesehatan usus sekaligus membuang limbang dari tubuh dan mencegah sembelit. Atur ulang makanan dalam piring kamu. Pastikan untuk menambah buah-buahan dan sayuran di dalamnya.

4. Makan Sereal Berserat Tinggi

Serat dibutuhkan untuk membantu meratakan perut. Ini karena, serat dapat membantu agar konsumsi makanan tetap teratur dan mencegah perut dari kembung.

Salah satu serat yang bisa dipilih yaitu sereal. Namun pilihlah sereal berserat tinggi yang dapat membuat perut kenyang lebih lama serta mampu menambah asupan vitamin dan mineral.

Serat seperti sereal bisa ditambah dengan susu maupun yogurt favorit. Namun, pemilihan sereal juga harus diperhatikan. Karena banyak sereal yang dijual di supermarket justru mengandung gula tinggi yang bisa membahayakan. Baca label kemasan agar tak terkecoh.

5. Camilan Kacang Almond

Dibandingkan mengonsumsi camilan seperti keripik, lebih baik untuk memilih camilan lebih sehat seperti kacang almond.

Bonnie Taub-Dix, MA, RDN, CDN, mengungkap bahwa kacang almond mengandung lebih banyak serat daripada kacang lainnya. Almond menjadi makanan yang dapat membantu menggerakkan berbagai hal dalam sistem tubuh.

Almond juga menjadi kacang dengan sumber kalsium dan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama setelah umur 50 tahun. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsumsi almond yaitu mampu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.



Sumber : detik.com

0 comments: