India Catat Rekor Kasus Nol Kematian Akibat Covid

Rabu, November 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kasus kematian akibat Covid-19 di India catat rekor nol kematian. (REUTERS/ADNAN ABIDI)

Jakarta, CNN Indonesia -- India untuk pertama kali sejak Maret 2020 mencatat kasus nol kematian akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir pada Selasa (8/11).

Kementerian Kesehatan Federal India pada Selasa (8/11) mendeteksi hanya mengalami 625 kasus Covid-19 dalam sehari. Angka itu merupakan yang terendah sejak 9 April 2020 yang tercatat hanya 540 kasus.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan India seperti dikutip dari The Independent angka infeksi naik, namun angka kasus aktif Covid mengalami penurunan.


Sementara itu, angka kematian akibat Covid per Selasa (8/11) sama sekali tak mengalami penambahan yakni tetap 531 ribu secara total sejak pandemi Covid melanda negara itu.

Kasus kematian pertama akibat Covid-19 di India terjadi di negara bagian Karnataka. Saat itu pria 76 tahun meninggal akibat positif Covid-19.

India sempat menjadi sorotan karena penanganan kasus Covid yang dinilai lambat sehingga terjadi 'tsunami' Covid di negara itu pada pertengahan 2020.

Sistem kegawatdaruratan rumah sakit di India pun kolaps karena tak mampu menampung pasien Covid-19 yang jumlahnya melonjak saat itu. India juga kekurangan suplai oksigen waktu itu.

Sejumlah pihak mengkritik penanganan kasus Covi-19 di India saat itu ketika banyak jenazah dikremasi secara massal dan beberapa mayat ditemukan mengapung di sungai.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei bahkan menilai angka kematian di India sampai sulit dipastikan karena saking banyak yang meninggal akibat Covid.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: