Insiden Kontroversial Anthony Ginting vs Chou Tien Chen di Final Hylo Open 2022 Diselidiki BWF

Kamis, November 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kemenangan Anthony Ginting di final Hylo Open 2022 dibayangi keputusan kontroversial (Foto: Twitter/inabadminton)

INSIDEN kontroversial Anthony Ginting vs Chou Tien Chen di final Hylo Open 2022 diselidiki BWF. Meskipun begitu, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyebut bahwa keputusan wasit final jadi tidak akan ada perubahan apa pun hasil dari penyelidikan nantinya.

Anthony Ginting memenangkan turnamen Super 300 itu setelah bermain dalam laga sengit kontra wakil Taiwan, Chou Tien Chen, Senin 7 November 2022 dini hari WIB. Tunggal putra Indonesia itu sukses menang dengan skor 18-21, 21-11, dan 24-22 dalam tempo 1 jam 16 menit.

Chou Tien Chen

Sayangnya, kemenangan pemain ranking enam dunia itu dinodai oleh keputusan kontroversial yang dibuat oleh umpire di gim terakhir. Momen tersebut terjadi tepat saat kedudukan imbang di angka 22-22 sama.

Saat itu, Chou berusaha mengambil bola yang jatuh di depan net. Namun, tiba-tiba umpire menghentikan pertandingan karena pemain nomor empat dunia itu dianggap terlambat menyambar bola yang sudah terlebih dulu menyentuh lapangan.

Chou pun memprotes keputusan itu karena menurutnya dia memukul bola tepat waktu. Dia juga meminta tayangan ulang ditampilkan tetapi hal itu tak dikabulkan dan Ginting mendapat poin tambahan hingga akhirnya menang 24-22.

Dua hari setelah insiden kontroversial itu terjadi, BWF akhirnya buka suara. Mereka mengungkapkan bakal meninjau kembali keputusan yang diberikan oleh wasit dalam laga tersebut.

“Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengonfirmasi bahwa mereka sedang meninjau peristiwa yang terjadi selama final tunggal putra HYLO Open 2022 antara Chou Tien Chen (TPE) dan Anthony Sinisuka Ginting (INA) pada Minggu 6 November,” tulis pernyataan BWF di laman resmi mereka, Selasa (8/11/2022).

Akan tetapi, BWF menegaskan bahwa keputusan wasit itu sudah final. Itu artinya, peninjauan tersebut hanya akan menentukan apakah keputusan itu sudah tepat atau tidak sehingga tak akan mengubah apa pun dari hasil pertandingan tersebut.

Anthony Ginting

“BWF percaya bahwa semua wasit berusaha untuk membuat keputusan terbaik yang bisa dia lakukan secara real time. Namun, bahkan jika kesalahan kadang-kadang terjadi, wasit tidak dapat mengesampingkan keputusan wasit berdasarkan fakta dan keputusan wasit dianggap final,” lanjut pernyataan itu.

Chou sendiri terlihat sangat kesal dengan keputusan tersebut. Dia pun sampai mematung dan tak memberikan ekspresi apa pun ketika naik ke atas podium.

Kini patut ditunggu bagaimana hasil peninjauan ulang yang dilakukan oleh BWF tersebut. Tentunya publik berharap mereka bisa menilai setepat mungkin karena dari tayangan ulang yang beredar di media sosial terlihat bola memang lebih dulu disambar oleh Chou dan belum menyentuh lantai.


Sumber : okezone.com

0 comments: