Jangan Sampai Salah, Ini Tips Makeup Sesuai 5 Bentuk Wajah

Selasa, November 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ladies, tentu kamu tahu makeup memiliki kemampuan untuk menonjolkan dan menyamarkan ketidaksempurnaan di area wajah. Tak melulu mencuri perhatian lawan jenis, memiliki penampilan yang menarik seringnya membantu kita untuk menciptakan kesan positif di hadapan siapa saja.
Perbedaan bentuk wajah tidak akan menghalangi seseorang untuk tampil cantik. Apa pun bentuk wajah yang dimiliki, seperti oval, persegi panjang hingga bulat bisa dengan mudah disiasati melalui penggunaan makeup.'
Namun, sebelum mengaplikasikan makeup, kamu perlu mempertimbangkan berbagai aspek untuk mendapat tampilan yang sempurna. Salah satunya adalah memperhatikan bentuk atau struktur wajah sebelum memakai makeup.
Berikut ini telah kumparanWOMAN rangkum dari Stylecraze tips penggunaan makeup sesuai lima bentuk wajah. Simak selengkapnya di sini, Ladies.

1. Wajah berbentuk oval

Aktris Dakota Johnson tiba di pemutaran "The Lost Daughter" di Smith Rafael Film Center pada 16 Oktober 2021 di San Rafael, California. Foto: Miikka Skaffari/Getty Images
Seseorang yang memiliki wajah berbentuk oval, biasanya wajahnya lebih lebar dari tipe wajah lain. Pemilik wajah obat juga memiliki bagian dahi atau jidat yang lebih lebar dibandingkan area dagu.
Berikut ini adalah tips makeup untuk wajah berbentuk oval:
  • Kebanyakan orang dengan wajah berbentuk oval memiliki hidung runcing dan tajam. Jadi, setelah mengaplikasikan foundation kamu perlu mengoleskan bronzer di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian, oleskan bronzer dengan dua jari yang diregangkan ke hidung dari atas ke bawah.
  • Berikutnya adalah alis. Membentuk alis melengkung tinggi dapat memberikan bentuk yang lebih oval. Disarankan agar kamu mencukur alis sesuai dengan bentuknya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membentuk alis.
  • Saat merias mata atau bibir, pilihlah fokus salah satunya, baik mata atau bibir agar riasan yang lahir terlihat sederhana dan tidak berlebihan. Misalnya, kamu memilih riasan mata yang berani namun lipstik yang sederhana, atau sebaliknya.
  • Gunakan blush on untuk membuat wajah terlihat memanjang. Pulaskan blush on berdasarkan kontur wajah dan bukan area apple cheeks. Ini akan membuat wajah terlihat ramping dan menawan.

2. Wajah berbentuk persegi panjang

Olivia Wilde, salah satu aktris pemilik wajah berbentuk persegi panjang Foto: Instagram @mararoszak
Ladies, jika kamu memiliki wajah dengan bentuk persegi panjang artinya wajah kamu memiliki tulang pipi yang tinggi, dahi lebar, serta rahang yang menonjol dan lebih kuat. Hal terpenting ketika menggunakan makeup dengan wajah berbentuk persegi panjang adalah menunjukkan wajah berbentuk oval.

Berikut ini adalah tips makeup untuk wajah berbentuk persegi panjang:
  • Buat alis melengkung dari tulang alis yang normal. Ini akan membuat wajah terlihat sedikit lebih oval dan bulat.
  • Buat bulu mata terlihat lebih besar dan dramatis dengan penjepit bulu mata atau menggunakan bulu mata palsu yang lebih gelap.
  • Gunakan blush on dengan warna terang seperti merah muda ke area kontur wajah dan warna gelap kemerahan ke apple cheeks.
  • Untuk bibir, gunakan lipstik dengan warna merah muda dan lip gloss dengan warna bening di atasnya untuk membuat wajah terlihat penuh. Hindari menggunakan lipstik matte karena dapat membuat bibir tampak kurang penuh.

3. Wajah berbentuk hati

Wajah berbentuk hati artinya memiliki bentuk dahi dan tulang pipi yang lebar, namun tulang rahang cenderung sempit dan dagu pun runcing ke bawah. Untuk menyempurnakan penampilan, fokus utamanya adalah mengalihkan perhatian dari dahi lebar.
Berikut ini adalah tips makeup untuk wajah berbentuk hati:
  • Untuk mengalihkan fokus pada rahang yang runcing, gunakan lipstik dengan warna berani.
  • Gunakan riasan mata dengan warna terang.
  • Aplikasikan bronzer dan alas bedak lebih gelap dari warna kulit di sepanjang sisi pelipis dan bawah dagu. Selanjutnya, pulas bronzer untuk membuat shading di samping hidung. Ini untuk menonjolkan tulang pipi tinggi yang khas dari bentuk wajah ini.
  • Gunakan blush on di area apple cheeks.

4. Wajah berbentuk diamond

Bentuk wajah diamond atau berlian memiliki ukuran wajah yang terbesar dibandingkan wajah lainnya. Secara berurutan, tulang pipi, dahi, dan yang terkecil adalah garis rahang. Ciri wajah berbentuk diamond adalah dagu lancip.
Berikut ini adalah tips makeup untuk wajah berbentuk diamond:
  • Oleskan liquid foundation ke dahi, pangkal hidung, dan tengah dagu untuk menarik perhatian ke bagian tengah wajah.
  • Untuk mendapat tampilan wajah yang lebih proporsional, gunakan alas bedak yang menyatu dengan warna kulit. Kemudian, pulas ke arah ujung dagu dan bagian bawah tulang pipi untuk meminimalkan wajah lebar.

5. Wajah berbentuk bulat

Perlu kamu ketahui, memiliki tulang pipi dan panjang wajah dengan ukuran yang hampir sama artinya kamu memiliki wajah berbentuk bulat. Ciri wajah berbentuk bulat adalah sudut rahangnya lembut atau tidak tegas.
Berikut ini adalah tips makeup untuk wajah berbentuk bulat:
  • Gunakan kontur untuk mengalihkan wajah bulat.
  • Pulas bronzer ke sisi pelipis dan di bawah garis rahang untuk membuat ilusi wajah berbentuk oval.
  • Aplikasikan blush on di bawah tulang pipi untuk memberi efek tegas atau mengaplikasikannya langsung ke area apple cheeks untuk menonjolkan bentuknya. Oleskan blush on ke arah atas untuk memberikan efek ramping.
Ladies, itulah tips makeup sesuai dengan lima bentuk jenis wajah. Mulai dari sekarang, jangan lagi salah menggunakan makeup untuk menunjang kegiatan sehari-hari, ya.

Sumber : kumparan.com

0 comments: