Keunikan Socotra, Tempat Misterius Berjuluk Pulau Dajjal

Senin, November 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pulau Socotra di Yaman (Foto: Flickr/MEMO)

PULAU Socotra di Yaman merupakan tempat paling misterius dan dijuluki sebagai Pulau Dajjal. Ada banyak keunikan yang tersaji di pulau terpencil lagi terisolasi yang terletak di tengah Samudera Hindia itu.

Nama Socotra sendiri diambil dari bahasa sansekerta, yakni sukhadhara dvipa artinya 'Pulau Kebahagiaan'.

Ahli geografi Arab, Abu Muhammad Al-Hassan Al-Hamdani menyebut, bahwa pada masanya, penduduk Socotra mayoritas memeluk agama Kristen. Mereka juga telah mempraktekkan ritual sihir kuno.

Punya Daya Tarik Khusus

Pulau ini juga dipenuhi dengan sejumlah ngarai yang menakjubkan. Terdapat sungai mengalir nan jernih, pantai pasir putih membentang luas, hingga desa tradisional yang menawan menambah daya tarik pulau ini.

Di pulau ini Anda juga akan mendapati tumbuhan-tumbuhan unik, di mana tak akan ditemukan di tempat lainnya. Sehingga Socotra juga disebut-sebut sebagai salah satu surganya di dunia.

 Ilustrasi

Pulau Socotra (Crooked Compass)

Habitat Hewan Langka

Tak hanya tumbuhan aneh saja, di Pulau Socotra ini juga menjadi habitat hewan-hewan langka. Di mana spesiesnya benar-benar belum pernah ditemukan di penjuru dunia manapun, dan hanya ada di pulau yang terisolasi ini saja.

Di Pulau Socotra terdapat 90 persen jenis reptil, 192 spesies burung, 44 jenis burung diantaranya bertelur di pulau ini. Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ada 22 titik area burung yang sangat penting di pulau ini.

Contoh spesies burung endemik yang hanya ada di pulau ini, seperti Socotra Starling Onychognathus Frater, Socotra Sunbird Nectarinia Balfouri, Socotra Sparrow Passer Insularis, dan Grosbeak Socotra Rhynchostruthus Socotranus.

Pulau yang Dilindungi

Pulau Socotra termasuk kawasan yang sangat dilindungi. Jika Anda berkesempatan datang ke pulau ini, maka tidak akan menemukan satu bangunan beton yang berdiri. Jangan harap pula tersedia hotel atau minimarket, meskipun potensi wisatanya sangatlah besar.

Pada Juli 2008 silam, pulau ini telah diakui UNESCO sebagai situs warisan alam dunia. Oleh karenanya, UNESCO turut memberikan perlindungan lingkungan di pulau ini.

Pulau Dikurungnya Dajjal

Tak sedikit yang beranggapan bahwa Pulau Socotra merupakan tempat Dajjal dikurung dan dirantai. Sehingga makhluk akhir zaman tersebut kesulitan untuk keluar, karena lokasinya benar-benar terpencil dan berbeda dengan wilayah bumi lainnya.

Seperti dalam hadist Rasulullah SAW. Berikut ini penggalan hadistnya:

Fatimah binti Qais mengatakan, “Aku telah mendengar muadzin Rasulullah Shalla allahu ’alaihi wasallam memanggil untuk shalat. Aku pun pergi ke masjid dan shalat bersama Rasulullah saw. Selesai shalat, Rasulullah saw naik ke atas mimbar. Nampak semacam bergurau Baginda sambil tertawa dan berkata: “Hendaknya masing-masing kalian tetap berada di tempat shalatnya””

Kemudian berkata: “Tahukah kalian, mengapa aku kumpulkan kalian?” Kami menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.”

Rasulullah saw berkata lagi: “Demi Allah aku menyuruh kamu berkumpul di sini bukan ingin menakut-nakuti dan bukan kabar gembira. Aku ingin menceritakan kepada kamu bahwa Tamim Al-Dary adalah seorang Nasrani, kemudian dia datang menjumpaiku dan masuk Islam. Dia bercerita kepadaku tentang satu kisah tentang Dajjal”.

“Kisah yang dia ceritakan itu sesuai dengan apa yang telah aku ceritakan kepada kamu sebelumnya. Katanya dia bersama 30 orang temannya pergi ke laut dengan menaiki kapal. Angin kencang datang bertiup dan ombak besar membawa mereka ke tengah-tengah samudera yang luas.”

“Mereka tidak dapat mengarahkan kapalnya ke pantai sehingga harus berada di atas laut selama satu bulan. Akhirnya mereka terdampar di sebuah pulau menjelang terbenamnya matahari.”

“Di pulau yang tidak berpenghuni itu mereka bertemu dengan binatang yang sangat tebal bulunya sehingga tidak nampak mana kelamin dan duburnya.”

Mereka bertanya kepada binatang itu: “Makhluk apakah engkau ini?” Binatang itu menjawab: “Aku adalah Al-Jassasah.”

Mereka tanya: “Apa itu Al-Jassasah?”

Binatang itu hanya menjawab: “Wahai kelompok pria, pergilah ke tempat itu untuk menemukan pria macam ini, sesungguhnya dia pun ingin bertemu dengan kamu”...


Sumber : okezone.com

0 comments: