Kilas Balik Piala Dunia 1978: Jadi Tuan Rumah, Timnas Argentina Sabet Gelar Perdana!

Selasa, November 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kilas balik Piala Dunia 1978 (Foto: FIFA)

KILAS balik Piala Dunia 1978 akan dibahas Okezone dalam artikel ini. Bagi yang belum mengetahui, Piala Dunia 1978 merupakan edisi ke-11 dari turnamen paling bergengsi di dunia itu.

Argentina pun ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 1978 yang diselenggarakan pada 1 Juni hingga 25 Juni 1978. Sebelumnya, Argentina dipilih sebagai tuan rumah oleh FIFA pada Juli 1966.

Jalannya Piala Dunia 1978

Piala Dunia 1978 diikuti oleh 16 negara dari lima konfederasi. 16 negara tersebut kemudian termasuk ke dalam empat grup yang masing-masingnya diisi empat tim.

Dalam Piala Dunia 1978, terdapat format yang menggunakan dua babak dalam fase penyisihan grup. Delapan tim yang lolos dari babak pertama akan dibagi kembali menjadi dua grup yang masing-masing berisikan empat tim.

Piala Dunia 1978

Setelah itu, dua tim yang berhasil keluar sebagai juara grup akan langsung tampil di partai final. Sementara dua tim yang mengisi posisi kedua akan memperebutkan urutan ketiga.

Grup 1 ditempati Argentina, Italia, Hungaria, dan Prancis. Di Grup 2 terdapat Jerman Barat, Meksiko, Polandia, dan Tunisia.

Sementara itu, di grup 3 berisikan Brasil, Swedia, Spanyol, dan Austria. Dan di Grup 4 terdapat Belanda, Peru, Skotlandia, serta Iran.

Dari Grup 1, Italia dan Argentina menjadi dua tim yang lolos ke babak berikutnya setelah masing-masing menempati urutan pertama dan kedua. Di Grup 2, Polandia dan Jerman Barat sukses mengungguli Tunisia dan Meksiko.

Di Grup 3, Austria secara mengejutkan lolos sebagai juara grup diikuti Brasil. Dan di Grup 4, Peru serta Belanda menjadi dua tim yang mengamankan tiket ke putaran selanjutnya.

Pada babak kedua fase grup, Belanda, Italia, Jerman Barat, dan Austria berada di Grup A. Belanda berhasil keluar sebagai juara grup diikuti Italia yang menempati posisi kedua.

Sementara di Grup B pada babak kedua fase grup berisikan Argentina, Brasil, Polandia, dan Peru. Tuan rumah sukses mengamankan tiket ke final usai menempati posisi pertama diikuti Brasil di urutan kedua dan akan tampil di perebutan juara ketiga.

Italia dan Brasil yang menjadi runner-up di babak kedua fase grup bertemu di perebutan juara ketiga. Laga tersebut berhasil dimenangkan Brasil dengan skor tipis 2-1.

Di partai final, tuan rumah Argentina mendapat lawan tangguh yakni Belanda. Mario Kempes menjadi pahlawan La Albiceleste -julukan Argentina- usai mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Belanda, kemenangan Argentina pun menandakan gelar perdana mereka di ajang Piala Dunia.

Top Skor

Mario Kempes

Mario Kempes menjadi top skor di Piala Dunia 1978 lewat 6 golnya. Ia merupakan pemain Argentina yang dianggap sebagai pahlawan pada edisi itu. Pasalnya, dua dari enam gol yang tercipta pada partai final ketika berhadapan dengan Belanda.

Data dan Fakta Piala Dunia 1978:

Tuan Rumah: Argentina

Jumlah Peserta: 16 Tim dari 5 Konfederasi

Venue: 6 Stadion di 5 Kota

Jumlah Laga yang Dimainkan: 38

Jumlah Gol yang Tercipta: 102

Jumlah Penonton: 1.545.791

Top Skor: Mario Kempes



Sumber : okezone.com

0 comments: