Malaysia Gelar Pemilu Hari Ini

Sabtu, November 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Malaysia menggelar pemilihan umum Sabtu (19/11) ini.. ( CNN Indonesia/Hanna Azarya).

Malaysia menggelar pemilihan umum (Pemilu) untuk memilih anggota parlemen pada Sabtu (19/11) ini. Sekitar 21 juta warga diperkirakan bakal menggunakan hak pilih mereka.
Sebanyak 945 calon berkompetisi untuk mendapat kursi yang hanya 222. Partai atau koalisi partai politik yang mengamankan setidaknya 112 kursi berhak membentuk kabinet, dan menunjuk perdana menteri.


Sejumlah penduduk sudah terlihat berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara (TPS) di tengah kekhawatiran hujan lebat di wilayah tertentu. Bagi warga yang tinggal di semenanjung Malaysia bisa memberikan suaranya mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Mengutip Malay Mail, bagi yang tinggal di Sabah dan Sarawak bisa memberikan suara mulai pukul 07.30 hingga 17.30.

Pemilu di Malaysia menggunakan sistem first past the post di mana partai atau koalisi yang berhasil mengantongi 112 dari total 222 kursi di parlemen akan membentuk pemerintahan.

Berikut deret kandidat PM dari koalisi atau partai yang berpartisipasi di Pemilu Malaysia, seperti dikutip Reuters.

PM saat ini, Ismail Sabri Yaakob, menjadi kandiat perdana menteri untuk Koalisi Barisan Nasional. Koalisi ini terdiri dari partai Organisasi Malaysia Bersatu (UMNO), Kongres India-Malaysia (MIC), dan Partai Persatuan Tionghoa (MCA).

UMNO berperan sebagai pemimpin koalisi Barisan, dan Ismail adalah salah satu anggota UMNO.

Koalisi ini selalu berkuasa di Malaysia kecuali dalam Pemilu 2018 saat kalah telak dari koalisi oposisi Pakatan Harapan.

Kandidat PM selanjutnya adalah Anwar Ibrahim. Ia merupakan pemimpin Pakatan Harapan.

Anwar telah mengincar jabatan PM selama lebih dari dua dekade, sejak dia bertugas di pemerintahan Mahathir Mohammad pada 1990-an.

Kandidat PM yang lain yakni Muhyiddin Yassin. Ia adalah pemimpin Partai Perikatan Nasional, yang menjadi kekuatan ketiga di Malaysia usai Koalisi Barisan dan Pakatan Harapan.

Pesaing Ismail Sabri di kolaisi, Ahmad Zahid Hamidi, juga calon perdana resmi untuk koalisi Barisan,

Zahid merupakan pemimpin Koalisi Barisan Nasional. November ini, dia menyingkirkan orang-orang yang bersekutu dengan Ismail Sabri.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: