Mantap! Modal Rp50.000, Pengusaha Donat Sukoharjo Beromzet Rp7 Juta Per Bulan

Selasa, November 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) asal Dukuh Kijilan RT 001/RW 006, Desa Bulusari, Kelurahan Sukoharjo, sukses berbisnis donat dengan omzet hampir Rp7 juta per bulan.

Padahal, ia mengawali bisnis membuat donat Ande Lumut baru 2018 dengan bermodalkan uang Rp50.000.

“Awal mula dikasih modal suami Rp50.000, kemudian dijual ke rekan-rekan saja. Selebihnya dipromosikan ke Facebook. Ternyata banyak pesanan,” kata wanita yang akrab disapa Umi,  saat ditemui di rumah produksi donat, Bulusari.

Usahanya tersebut terus kini berkembang, hingga kini dapat menghasilkan omzet kotor Rp7 juta per bulan. Pengusaha donat Ande Lumut, Umi Nurhayati, yang sebelumnya bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) memutuskan untuk membuka usaha di kampung halaman.

Uniknya, walaupun lokasi penjualan berada di tempat tersembunyi, dagangannya selalu habis diborong pembeli, baik yang datang secara langsung atau pemesanan via online.

“Pelanggan rata-rata kelas menengah, banyak anak-anak yang suka juga ” lanjut Umi.

Saat ini ia  membuka outlet di kediamannya di sekitar Bulusari, Sukoharjo.  Terdapat dua jenis donat yang ia buat, yaitu berbahan dasar kentang dan berbahan dasar susu.

Umi dapat menjual 120 donat per hari dengan keuntungan kotor per hari rata-rata Rp300.000. Namun Umi dapat menyisihkan sekitar Rp200.000 laba bersih untuk bisnis donat Ande Lumutnya itu.

Selain melayani pembelian secara langsung, ia juga membuka pemesanan via Gojek, Shopee Food, serta Grab sehingga pembeli dapat memesan secara online.

“Saya melayani reseller, customer pribadi, dan online dari Gofood sama Shopeefood,” lanjut Umi.

Donat yang dilumuri berbagai selai aneka rasa mulai dari cokelat, stroberi, gula halus, kemudiah dihias sedemikian rupa dengan kondimen lain seperti marshmellow, atau kepingan cokelat menarik perhatian, terutama kalangan anak-anak karena rasanya yang manis.

Pelanggan dapat membeli donat Ande Lumut milik Umi dengan harga mulai dari Rp13.000 untuk satu boks berisi 6-10  roti. Ada juga yang dijual Rp25.000 untuk satu boks berisi 5-10 donat tergantung dengan ukuran dan jenisnya.

Sumber : solopos

0 comments: