Mau Buka Usaha Angkringan? Modalnya Nggak Sampai Rp 5 Juta

Rabu, November 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mau Buka Usaha Angkringan? Modalnya Nggak Sampai Rp 5 Juta
Angkringan di Yogyakarta. (Instagram/yoisongangkring)

Suara.com - Mau buka usaha kuliner dengan modal minim? Buka usaha angkringan saja. Dengan modal nggak sampai Rp 5 juta, kamu sudah bisa jadi pengusaha angkringan.

Meski bermodal kecil, usaha kuliner angkringan bisa dikatakan cukup menjanjikan. Apalagi kalau kamu bisa memilih lokasi yang tepat, misal di dekat kampus.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan kalau mau buka usaha angkringan? Berikut rinciannya, mengutip dari GoBiz.

1. Lokasi yang Strategis

Lokasi yang ideal untuk usaha angkringan adalah di tepi jalan raya yang hampir selalu dipenuhi kendaraan dan lalu lalang manusia. Atau, lokasi nongkrong para mahasiswa yang kemungkinan besar akan menjadi konsumen terbesar usaha kuliner murah meriah ini. Tapi ingat, karena usaha angkringan identik dengan jam operasional di malam hari, pastikan pilih lokasi yang tetap ramai meski malam hari, ya.

Lalu, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk sewa lokasi? Untuk mendapatkan lokasi yang ideal seperti disebutkan di atas, mengutip laman IDX Channel, harga sewa yang harus dikeluarkan berkisar antara antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

2. Peralatan dan fasilitas

Namanya saja usaha kuliner, tentu saja kamu membutuhkan sejumlah peralatan makan dan minum, alat masak, hingga tikar dan meja pendek untuk tempat lesehan pelanggan. Selain itu, kamu juga butuh gerobak yang jadi ciri khas angkringan. Dan untuk menarik minat pembeli, kamu juga bisa melengkapi angkringanmu dengan televisi atau bahkan wifi.

Untuk total biaya peralatan dan fasilitas di atas, kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp 3 juta.

3. Pilihan menu

Kamu pasti sudah tahu menu-menu khas angkringan, seperti nasi kucing, gorengan, dan aneka jenis sate-satean. Nah, itulah menu wajib yang harus ada di usaha angkringan kamu. Tapi, boleh juga kalau kamu mau berinovasi menambahkan menu-menu unik lain, seperti sosis, bakso bakar, dan sebagainya.

Untuk membeli bahan-bahan makanan yang akan diolah menjadi menu angkringan, kamu bisa merogoh kocek maksimal Rp500 ribu dalam sehari, tergantung berapa banyak porsi yang akan kamu siapkan.

Nah, dari rincian biaya di atas, kamu bisa memperkirakan estimasi biaya usaha angkringan yang harus dipersiapkan di awal nggak sampai Rp5 juta. Bagaimana, tertarik jadi pengusaha angkringan?

Sumber : suara

0 comments: