Pengertian Benua dan Karakteristik Benua Asia

Jumat, November 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Planet bumi sangatlah luas. Bumi dipenuhi oleh daratan dan juga lautan. Daratan yang ada di bumi terbagi menjadi beberapa wilayah yang dinamakan benua. Benua yang ada di dunia terbagi menjadi lima, yakni Asia, Australia, Amerika, Afrika, dan Eropa. Lantas, apa pengertian benua?
Kelima benua tentunya berbeda. Setiap benua di muka bumi memiliki karakteristiknya masing-masing. Karakteristik tersebut termasuk iklim dan juga wilayah. Apa saja karakteristik dan pengertian benua Asia? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Karakteristik dan Pengertian Benua Asia

Apa yang definisi benua? Mengutip buku dengan judul Diktat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas IX Semester Ganjil karya Suparmita (2021), benua adalah daratan yang sangat luas di mana di dalamnya tidak kena pengaruh angin laut.
Asia adalah salah satu dari lima benua yang ada di dunia. Benua Asia memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Karakteristik benua Asia berbeda dengan benua lainnya. Berikut beberapa ciri atau karakteristiknya.

1. Benua Terluas

Asia adalah benua yang terluas di muka bumi. Sebab, hampir satu pertiga luas daratan di dunia ada di benua Asia. Benua Asia terbagi menjadi kawasan Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Utara, dan Asia Tenggara.

2. Memiliki Beberapa Iklim

Pada wilayah Asia Utara memiliki iklim yang dingin. Sementara wilayah Asia Tengah memiliki iklim darat atau kontinental. Iklim subtropis basah dapat ditemukan pada wilayah Cina Timur. Namun, pada Asia Tenggara dan Selatan memiliki iklim tropis basah. Terakhir iklim gurun dapat ditemui di Asia Barat dan Tengah.

3. Memiliki Laut dan Gurun

Berbeda dengan benua lainnya, Asia memiliki gurun sekaligus laut. Gurun di Asia yang sangat terkenal adalah gurun Gobi, gurun Ordos, serta gurun Taklamakan. Sementara laut yang terkenal adalah laut Cina Selatan.

4. Memiliki Populasi yang Banyak

Seperti yang kita ketahui, benua Asia memiliki populasi yang sangat banyak. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari empat miliar jiwa di benua Asia. Negara yang memiliki populasi tinggi adalah Cina, Indonesia, dan India.

5. Memiliki Gunung Tertinggi

Benua Asia memiliki gunung dan puncak tertinggi di dunia. Gunung tersebut adalah Everest. Gunung ini memiliki tinggi hingga 8.850 mdpl atau 29.035 kaki. Gunung tertinggi ini berlokasi di perbatasan negara Nepal dan Tiongkok.
Itulah beberapa karakteristik dan arti benua. Selain karakteristik tersebut, benua Asia memiliki banyak sekali negara. Bahkan cukup banyak negara di Asia yang merupakan negara maju dan bersaing dengan negara di Eropa.
Sumber : kumparan.com

0 comments: