Rasa Penasaran Terjawab! Ternyata Begini Proses Pengecatan Kereta Api

Senin, November 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


 Salah satu cara untuk mempercantik kendaraan adalah melakukan pengecatan ulang. Pengecatan pada mobil dan motor mungkin sudah biasa, namun pernahkah Anda melihat proses pengecatan pada kereta?

Akun TikTok kai121_ berbagi video singkat tentang proses pengecatan kereta. Ternyata, proses pengerjaannya cukup panjang dan detail.

Proses pengecatan ini dilakukan di Balai Yasa Stasiun Surabaya Gubeng. Pengecatan kereta ini disebut sangat penting untuk mempetahankan umur sarana kereta agar terhindar dari karat dan kerusakan lainnya.

Proses pengecatan kereta dilakukan tiap dua tahun saat kereta menjalani perawatan di Balai Yasa. Bagian kereta yang dicat meliputi eksterior atau dinding luar, interior kabin penumpang dan toilet.

Kereta akan dicat dengan bahan utama dempul dan tentunya cat. Pertama, kereta akan diperiksa untuk menentukan area mana yang catnya rusak.

Selanjutnya akan dilakukan pengelupasan cat lama di dinding eksterior. Dinding yang catnya terkelupas kemudian dirapaikan kembali dengan dempul agar lapisan rata.

Pengecatan dasar akan dilakukan lalu dilanjut dengan pengecatan sesuai jenis kereta. Pada tahap akhir, pemberian top clear akan dilakukan agar cat lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Pemasangan stiker stripping juga dilakukan agar tampilan kereta tampak semakin prima. Kereta dengan baja ringan akan dicat ulang setiap perawatan di Balai Yasa.

Sedangkan kereta dengan jenis stainless steel tak dicat melainkan dilakukan pemolesan pada kereta. Proses pengecatan ini memakan waktu 15 hari dan dilakukan oleh unit produksi Balai Yasa Surabaya.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Seumur-umur saya penasaran sama isi di dalam BYSGU. Waktu kecil lewat jalanan sana cuma bisa lihat atap gerbong kereta aja," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Astaga kangen masa masa kuliah di Unair dulu, setiap berangkat kuliah pasti lewat Balai Yasa," ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Jumat (4/11/2022), unggahan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 500 ribu kali di TikTok.



Sumber : SUARA.COM

0 comments: