Rekomendasi Destinasi Wisata di Indonesia ala Ganjar Pranowo, Apa Saja?

Senin, November 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Semarang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki daftar destinasi wisata tersendiri yang patut dikunjungi. Selain itu, Ganjar yang kerap berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, turut memperkenalkan ciri khas daerah yang dikunjunginya. Tak jarang, Ganjar membagikan potret makanan, pakaian, kerajinan, ataupun tempat wisata asal daerah tersebut.

Baginya, mengunjungi destinasi wisata merupakan kegiatan yang dilakukan sedari muda, khususnya mendaki gunung. Ada beberapa daerah yang menjadi primadona bagi Ganjar dan wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal atau asing.

Kira-kira apa saja destinasi wisata ala Ganjar Pranowo? Intip rekomendasinya di bawah ini!

1. Desa Wisata Sayan, Gianyar Ubud, Bali

Ketika mendengar kata pulau Bali, yang teringat adalah hamparan pantai yang luas beserta pemandangan laut biru. Namun, Bali juga memiliki tempat wisata yang kental dengan budaya. Pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini menjadi daerah yang kerap dikunjungi oleh Ganjar Pranowo.

Berkunjung ke Bali, Ganjar Pranowo menyempatkan waktu untuk berkeliling di Desa Wisata Sayan, Gianyar Ubud, Bali. Jika berniat untuk menikmati udara sejuk di Bali dengan hamparan sawah, mengunjungi daerah Ubud khususnya Desa Sayan menjadi hal yang wajib dilakukan.

Desa Sayan terletak di bagian barat Ubud. Desa Sayan ternyata memiliki julukan terkenal sejak tahun 1928 yakni Desa Wisata Sayan, The Harmony of Cultural - Wellness Spirit Destination.

Selama berada di Desa Sayan, Ganjar Pranowo terlihat menimati pemandangan sawah yang menguning. Selain itu, Ganjar juga melihat arca peninggalan jaman kuno yang ada di hutan Desa Sayan.

Dengan mengunjungi Desa Sayan, mata tak hanya dimanjakan dengan pemndangan yang asri Ubud, namun juga sembari belajar budaya dan sejarah Bali tempo dulu.

2. Wisata Air Palembang

Mengunjungi kota Palembang, Ganjar Pranowo ikut naik perahu di Sungai Sekanak Lambidoro. Ganjar Pranowo berkeliling menyusuri sungai dengan mengenakan perahu tradisonal.

Wisata sungai saat ini banyak dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti halnya Sungai Sekanak Lambidoro yang dikunjungi oleh Ganjar Pranowo.

Ketika berkunjung ke Kota Palembang, Sungai Sekanak bisa menjadi salah satu destinasi. Jika khawatir dengan kondisi sungai yang kotor, kondisi Sungai Sekanak kini lebih terawat. Tanggul cor yang membatasi sungai kini sudah dicat sehingga membuat kesan yang rapih pada sungai dengan Panjang 11 km tersebut.

Anda juga bisa menyusuri sungai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa seperti yang Ganjar Pranowo lakukan. Sungai Sekanak ini juga dikenal dengan julukan Venesia dari timur.

3. Lorong Wisata, Kota Makassar

Lorong wisata yang berlokasi di Kota Makassar menjadi destinasi wisata baru untuk warga lokal. Gubernur Ganjar Pranowo pun berkesempatan untuk mengunjungi Lorong Wisata di Kota Makassar.

Ya, Pemkot Makassar dikabarkan membuat sekitar 5000 ‘Lorong Wisata’ yang bertujuan untuk mendukung UMKM. ‘Lorong Wisata’ sendiri merupakan sebutan untuk daerah di Kota Makassar yang memiliki dicat sedemikian rupa mengikuti tema setiap Lorong.

Di Kawasan tersebut, banyak masyarakat yang menjajakan produk UMKM pada pengunjung. Jika Anda berniat berlibur ke Kota Makassar, berkunjung ke Lorong Wisata wajib dilakukan sembari melihat-lihat produk UMKM.

Lorong Wisata sendiri tepatnya terletak di Jl. Bambapuang, Lariang Bangi, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. Pulau Nias, Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Namun, Sumatera Utara tak hanya menawarkan destinasi Danau Toba dan Pulau Samosir saja.

Salah satu yang wajib dikunjungi yakni Pulau Nias. Beberapa waktu lalu, Ganjar Pranowo terlihat mengunjungi Pulau Nias.

Pulau Nias masuk dalam gugusan pulau besar yang terletak di pantai barat pulau Sumatera. Nias menyuguhkan keindahan alam perbukitan dan juga garis pantai yang indah.

Pulau Nias bisa dijangkau dari Ibu Kota Medan melalu jalur udara ataupun laut sehingga tak perlu khawatir mengenai transportasi jika berkunjung.

Ketika berkunjung ke pulau Nias, terdapat banyak pilihan obyek wisata. Adapun di antaranya yang wajib dikunjungi yakni Desa Wisata Bawamatulao dan Orahili. Selain itu, terdapat juga wisata alam yang tak kalah indah seperti Pantai Lagundri dan Sorake.

5. Wisata Mangrove, Balikpapan

Ganjar Pranowo sangat terkesan dengan kawasan wisata dan mangrove center Graha Indah yang berada di Kelurahan Candi Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jika Anda berkunjung ke Balikpapan, mengunjungi wisata mangrove bisa menjadi salah satu tujuan seperti yang dilakukan Ganjar Pranowo.Kawasan mangrove di Candi Indah awalnya merupakan tempat konservasi dengan luas 150 hektare.

Mengelilingi hutan mangrove dengan menggunakan speedboat menjadi pengalaman baru yang wajib dilakukan. Apalagi ditambah dengan suasana mangrove yang hijau dan asri.

Nah, itu dia 5 rekomendasi destinasi wisata ala Ganjar Pranowo. Jangan lupa berlibur di 5 destinasi wisata tersebut ya!

Sumber : liputan6

0 comments: