Tak Melulu Pantai, Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Batam yang Bisa Jadi Alternatif Liburan

Kamis, November 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Batam - Batam, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki daya tarik wisata tersendiri bagi para wisatawan. Sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas, Batam memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah lain.

Saat ini kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara cukup besar setiap bulan. Bukan cuma panorama pantai, namun juga ada hutan, telaga, wisata belanja, jembatan, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat wisata Batam.

1. Batam Forest Top

Batam Forest Top merupakan sebuah taman hiburan dengan berbagai permainan yang bisa memacu adrenalin. Permainan yang bisa dicoba adalah tarzan swing, post man, tandem rope, x-walk, jacob leather, dan chicken walk. Selain wahana permainan, ada area outbound, wisata sekolah alam bagi anak-anak, dan tempat hiking. Bagi yang ingin berkunjung, Batam Forest Top berada di Bukit Harimau, Sekupang, Batam, Riau.

Tempat wisata di Batam ini buka pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, setiap harinya.

Kebun Raya Batam

2. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam terletak di Jalan Hang Lekiu, Kelurahan Sambau, kecamatan Nongsa, kota Batam. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi alternatif di kota Batam yang asyik dikunjungi.

Ada sekitar 2.500 koleksi tanaman dan tanaman dan pohon tersebut terdiri atas 28 famili, 149 genus, 193 jenis, dan 824 spesies. Lebih dari 10.000 bibit dibudidayakan di taman yang dibangun LIPI bersama Kementerian PUPR.

Selain menjelajahi taman, wisatawan juga dapat menikmati keindahannya dari ketinggian melalui botanical viewing tower dan botanical skyway. Selain itu, di Kebun Raya Batam ada juga danau buatan, kolam air hingga gazebo yang melengkapi fasilitas di sana.

Kebun Raya Batam ini bisa dikunjungi dari Senin hingga hari Minggu di jam operasional mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB

3. Pantai Nongsa

Kawasan wisata Pantai Nongsa ini terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa Kota Batam. Pantai Nongsa cukup populer di kalangan masyarakat Batam.

pesisir pantai cukup indah dengan hamparan pasir yang cukup luas di bibir pantai. Pemberian nama 'Nongsa' sendiri diambil dari nama seorang tokoh Melayu yakni Nong Isa.

Ia adalah orang mendapatkan amanah dari kerajaan Riau Lingga untuk menjaga Pulau Batam dan mengembangkannya. Jarak Pantai Nongsa dari pusat kota sendiri kurang lebih 14 km.

Waktu tempuh menggunakan kendaraan roda empat kurang lebih 36 menit. Pantai Nongsa dikelola oleh masyarakat sekitar.

Untuk masuk kawasan wisata pantai Nongsa tak perlu modal banyak karena harga tiketnya sangat murah. Untuk masuk ke kawasan ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan Rp10.000 untuk satu orangnya dan parkir kendaraan sebesar Rp5.000.

Pulau Putri

4. Pulau Putri

Pulau Putri Batam, salah satu destinasi wisata di Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura dan menjadi salah satu pulau terdepan di Indonesia. Pulau ini berbatasan langsung dengan Selat Singapura.

Pemandangan bagian depan pulau ini bisa melihat gedung Pencakar langit singapura. Luas Pulau Putri sekitar 131.374 m2.

Pulau Putri sendiri terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jarak pulau kecil itu dari Pantai Wisata Nongsa hanya kurang lebih 1 kilometer.

Wisatawan yang hendak ke Pulau Putri dari Pantai Nongsa bisa menggunakan kapal pompong dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit. Tarif menyeberang ke Pulau Putri untuk satu orang berkisar Rp20.000 menaiki boat Pancung.

Untuk bisa diangkut boat Pancung dengan minimal empat orang untuk sekali berangkat. Bagi wisatawan yang telah sampai di pulau tersebut ada baiknya meminta nomor telepon pengemudi boat Pancung agar saat akan kembali mudah menghubungi.

5. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang, Nama Barelang sendiri merupakan singkatan dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. Ada tujuh jembatan yang menghubungkan Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Ada enam jembatan yang menghubungkan beberapa pulau tersebut dengan panorama berbeda di setiap jembatannya Jembatan Tengku Fisabilillah yakni merupakan Jembatan I atau yang disebut Jembatan Barelang, kedua Jembatan Nara Singa.

jembatan ketiga diberi nama Jembatan Raja Ali Haji. Jembatan keempat diberi nama Jembatan Sultan Zainal Abidin, jembatan kelima diberi nama Jembatan Tuanku Tambusai dan Jembatan keenam diberi nama Raja Kecik.

Pembangunan Jembatan barelang sendiri sebenarnya diprakarsai oleh Presiden ketiga BJ Habibie. Jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Jembatan barelang juga menjadi ikon kota batam, ada banyak spot foto dan kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sana.

Sumber : liputan6

0 comments: