Taman Mumbul Sangeh, Tempat Melukat dan Wisata Religi Favorit

Senin, November 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Kabupaten Badung dikenal sebagai daerah dengan destinasi pariwisata yang melimpah. Salah satunya Taman Mumbul yang menjadi salah satu daya tarik wisata spiritual. Taman Mumbul biasa digunakan sebagai tempat ritual penyucian diri atau melukat.

Taman yang telah beroperasi sejak Desember 2016 ini jadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman Mumbul Sangeh dikelola oleh kelompok masyarakat Desa Sangeh yakni Sangeh Traditional Activities (STA). Simak berikut informasi lengkap mengenai Taman Mumbul Sangeh.

Keunikan dan Daya Tarik Taman Mumbul Sangeh
Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tirta Taman Mumbul terletak di Desa Sangeh. Taman Mumbul Sangeh ini juga lebih populer dengan sebutan Monkey Forest, sebab letak hutannya tak jauh dari mata air.

Taman Mumbul Sangeh punya mata air yang jernih dan segar dikelilingi ratusan pohon yang membuat pemandangan kehijauan begitu indah. Tak heran jika banyak pelancong menyempatkan diri untuk refreshing disini.

Taman ini memiliki sebuah tempat suci (pura) yang juga digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi masyarakat desa Sangeh. Kemudian terdapat sebuah kolam dengan air jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Makanya, tempat ini dianggap suci.

Konon, taman ini sebelumnya hanya sebuah tempat yang kering. Lalu suatu hari ada seekor babi putih menggali tanah lebih dalam sampai air muncul dari tanah, kemudian membentuk sebuah danau.

Mata air ini tak hanya bermanfaat bagi irigasi masyarakat setempat, namun juga dipercaya sebagai air suci. Sampai saat ini pun masih digunakan sebagai tempat pengambilan air suci untuk perayaan pura di sekitarnya.

Taman Mumbul Sangeh terkenal sebagai tempat melukat, yakni ritual penyucian diri berupa pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Fungsinya untuk menghilangkan pengaruh kotor dalam diri secara rohani.

Lokasi dan Cara Menuju Taman Mumbul Sangeh
Taman Mumbul berada di kawasan wisata Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya kurang lebih satu kilometer dari objek wisata alam Sangeh. Bahkan jika dari Kota Denpasar, lokasi wisata dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Dari arah Denpasar, sekitar 100 meter sebelum objek wisata Sangeh ada sebuah perempatan.

Ambil jalan ke kanan sekitar 200 meter menuju Penglukatan Pancoran Solas dan Pura Taman Mumbul.

Selain Monkey Forest juga dekat dengan Tanah Uwuk, agrowisata Pelaga, air terjun Nungnung, dan Jembatan Tukad Bangkung.

Fasilitas Umum di Taman Mumbul Sangeh
Tempat Parkir
Pengelolaan tempat wisata ini oleh masyarakat setempat sudah cukup baik. Dengan adanya tempat parkir kendaraan mulai dari sepeda, motor, mobil, atau bus pariwisata pun ada. Biasanya parkir kendaraan ada di dekat pura Tirta Taman Mumbul.

Warung Makanan
Perlukah wisatawan bawa bekal sendiri? Jawabannya tidak! Wisatawan bisa jajan makanan yang dijajakan di Taman Mumbul Sangeh.

Gazebo (Bale Bengong)
Ada pula gazebo untuk tempat nyantai sekaligus berkumpul makan bersama orang-orang tercinta di tempat wisata ini.

Toilet Umum
Jangan takut tidak bisa buang air, karena tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum, kok!

Penyewaan Pakaian Melukat
Perlu beli baju bali enggak sih? Jawabannya enggak perlu ya, Detikers! Sebab sudah ada tempat penyewaan pakaian yang lengkap dengan selendang serta kain untuk melukat. Disini kamu bisa mencharge kembali pikiranmu sebelum kembali bekerja.

Loker Barang
Kamu membawa barang cukup banyak? Jangan khawatir, ada loker untuk menyimpan barang-barangmu. Namun tak perlu bawa barang-barang berharga ya detikers, bawalah barang yang memang kamu butuhkan untuk berkunjung ke tempat wisata.

Panorama yang Indah dan Udara Asri
Jangan ditanya lagi deh suasananya, dijamin adem! Secara, taman dan danau dikelilingi pepohonan yang rindang. Dijamin kamu akan menghirup banyak oksigen sehingga tak perlu risau dengan keasrian udara yang kamu hirup.

Fish Feeding
Seperti yang sudah disebutkan, bahwa danau ini punya banyak ikan. Kamu juga diberikan kesempatan untuk memberi makan ikan, lho! Tapi jangan ditangkap atau membuang sampah sembarangan di danau ini, ya detikers!

Nah itulah tadi informasi lengkap mengenai Taman Mumbul Sangeh. Menarik, ya? Tertarik untuk berakhir pekan atau berakhir tahun di Bali? Mampirlah ke Taman Mumbul Sangeh. Selamat berlibur!
Sumber : detik.com

0 comments: