Teruntuk Milenial, Begini Tips Menjalani Frugal Living

Selasa, November 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat ini gaya hidup hemat semakin banyak diikuti oleh masyarakat. Sejak munculnya pandemi COVID-19, masyarakat semakin sadar bahwa dana darurat lebih penting daripada membiayai gaya hidup.
Gaya hidup hemat ini disebut juga dengan frugal living. Pada dasarnya frugal living adalah gaya hidup hemat yang menjadikan seseorang sebisa mungkin menahan keinginannya dan memprioritaskan kebutuhan.
Bagi banyak orang, hidup hemat itu terdengar seperti harus berbelanja di toko barang bekas hingga memilih untuk tinggal di rumah daripada harus pergi ke luar. Tapi, frugal living itu lebih besar dari itu.
Mengutip Wealthsimple, frugal living berarti sadar akan pengeluaran dan fokus pada beberapa prioritas keuangan. Seseorang yang ingin hidup hemat harus memikirkan tujuan utamanya dan bagaimana mengubah keuangannya dapat membantunya mencapai tujuan tersebut.
Frugal living juga diartikan sebagai konsep ketika seseorang mengalokasikan dana yang dimiliki dengan kesadaran penuh dan disertai dengan pertimbangan dan analisis yang baik yang disertai dengan strategi pencapaian tujuan keuangan untuk masa depan yang jelas.
Tentu saja dengan menerapkan frugal living di kehidupanmu, kamu bisa menghemat banyak uang. Sebab pengeluaran impulsifmu lebih banyak ditekan. Kamu juga bisa memilih barang-barang yang berkualitas.
Meskipun mahal, tapi barang tersebut lebih awet. Jika dipikirkan kembali, hal ini bisa membuatmu lebih hemat daripada terus-menerus membeli barang murah karena rusak terlalu sering.
Selain itu, frugal living juga bisa membuatmu memiliki barang lebih sedikit. Gaya hidup seperti ini baik untuk lingkungan. Barang-barang yang enggak terpakai menjadi lebih sedikit. Tentunya, jika barang-barang yang kamu miliki sudah enggak terpakai, pasti akan berakhir di tempat pembuangan.

Padahal, produksi dari sebuah barang membutuhkan banyak energi, salah satunya adalah bensin yang dipakai untuk mengirimkan barang tersebut. Dengan enggak memiliki banyak barang, kamu bisa melakukan kebaikan untuk lingkungan.
Lantas, bagaimana cara menjalani frugal living? Berikut tips yang bisa kamu coba.

Atur Pengeluaran

Sebelum memulai perjalanan hidup hemat, kamu juga perlu tahu ke mana saja perginya uangmu. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan akan ke mana uang tersebut harus disalurkan.
Kamu bisa memulai dengan memilih metode penganggaran, seperti melalui aplikasi, bullet jurnal, atau spreadsheet. Setelah itu mulai dengan melacak berapa banyak yang kamu belanjakan dan membagi transaksi tersebut ke dalam beberapa kategori.

Sewa Saja, Jangan Memiliki Sendiri

Terkadang, kamu hanya memerlukan suatu barang hanya sebentar untuk membuat kesan yang baik. Oleh karena itu, lebih baik pertimbangkan untuk menyewa daripada membeli. Ada banyak toko yang memang untuk menyewakan barang-barang, seperti pakaian, perlengkapan bayi, perhiasan, hingga tas tangan.

Beli di Waktu yang Tepat


Jika kamu ingin memiliki sesuatu, cari tahu kapan waktu terbaik untuk membeli. Misalnya, saat diskon besar-besaran sedang diadakan. Kamu bisa melakukan research mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk perubahan harga seperti saat akan natal dan idul fitri, dan lain-lain.

Buat Karya Sendiri atau DIY

Kamu bisa membuat karya atau barang sendiri. Misalnya, kamu membutuhkan kotak untuk penyimpanan barang. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah seperti kardus bekas, lem, dan juga kertas berwarna.

Evaluasi Langganan Streaming Bulanan

Kamu tahu enggak, kalau ternyata, langganan konten streaming bisa menjadi sumber keborosanmu. Meskipun harganya enggak seberapa, tapi karena dibayar terus-menerus, uang ini terus keluar. Terutama untuk langganan konten yang udah enggak kamu tonton dan baca lagi. Coba hentikan langganan yang enggak perlu. Langkah ini akan menghemat uangmu.

Sumber : kumparan.com

0 comments: