Timor Leste Akan Jadi Anggota ASEAN, Statusnya Ini

Kamis, November 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Galeri detikEdu: Timor Leste akan Jadi Negara ASEAN. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Aj_OP)

Timor Leste akan tergabung sebagai anggota di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Hal ini diungkapkan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022).

"Kami para pemimpin Association of Southeast Asian Nations pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," demikian pernyataan tersebut seperti dilansir ASEAN, dikutip dari laman resminya, Kamis (17/11/2022).


Dalam pernyataan itu, anggota ASEAN sepakat untuk memberikan status pengamat (observer) kepada Timor Leste. Timor Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

Kini, ASEAN sedang menyusun peta jalan berupa kriteria yang harus dicapai Timor Leste sebelum mendapat status keanggotaan penuh. Para anggota ASEAN juga akan memberikan dukungan penuh kepada Timor Leste melalui asistensi dan dukungan lainnya.

Jika sudah resmi bergabung, maka Timor Leste menjadi negara termuda di ASEAN. Timor Leste dahulu merupakan bagian dari Indonesia sebelum menjadi negara merdeka pada 2002.

Sejarah ASEAN
Berdirinya ASEAN dilatarbelakangi oleh keinginan kuat untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Negara pendiri ASEAN terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Gagasan pembentukan ASEAN mengemuka akibat situasi perang dingin antara Amerika Serikat dengan Rusia. Situasi itu secara tidak langsung membawa dampak stabilitas keamanan pada negara-negara di Asia Tenggara.

Selain itu pada era 1960-an, kawasan Asia Tenggara juga dihadapkan pada situasi rawan konflik, yakni perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan. Situasi yang dapat mengganggu stabilitas kawasan hingga menghambat pembangunan ini mendorong ke-5 negara untuk mendirikan ASEAN.

Setelah menemukan kesamaan, akhirnya negara pendiri memutuskan untuk bertemu di Bangkok guna membahas berbagai persoalan dan solusi untuk masalah yang timbul di kawasan Asia Tenggara, seperti dijelaskan dalam buku Serumpun ASEAN IPS Kelas VI oleh Kemdikbud. Akhirnya pada 8 Agustus 1967, ASEAN diresmikan.

Daftar Negara Anggota ASEAN
Hingga kini, terdapat 10 negara yang secara resmi terdaftar sebagai anggota ASEAN, yakni:

1. Indonesia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
2. Malaysia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
3. Thailand masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
4. Filipina masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
5. Singapura masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
6. Brunei Darussalam masuk pada tanggal 7 Januari 1984

1. Vietnam masuk pada tanggal 28 Juli 1995
2. Myanmar masuk pada tanggal 23 Juli 1997
3. Laos masuk pada tanggal 23 Juli 1997
4. Kamboja masuk pada tanggal 30 April 1999

Apabila Timor Leste telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh ASEAN, maka Timor 6. Leste akan ditetapkan sebagai anggota ke-11.


Sumber : detik.com

0 comments: