Tips Aman Minum Madu Bagi Ibu Menyusui

Rabu, November 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ibu menyusui perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Sebab makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-harinya bisa mempengaruhi produksi ASI dan kesehatan si kecil, Moms.

Salah satu makanan yang bisa dipertimbangkan oleh ibu menyusui adalah madu. Ya Moms, madu dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, menambah stamina, membunuh bakteri di dalam tubuh, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Madu memang tidak disarankan dikonsumsi bayi di bawah satu tahun, tapi madu tetap aman dikonsumsi oleh ibu menyusui, kok Moms. Pasalnya, spora botulisme atau racun dari bakteri clostridium botulinum pada madu tidak akan dibawa oleh ASI dan diminum oleh bayi. Madu hanya berbahaya jika dikonsumsi langsung oleh si kecil.
“Tidak ada risiko bagi ibu yang mengkonsumsi madu saat menyusui dan aman bagi bayi untuk meminum ASI dari ibu yang mengkonsumsi madu,” kata Jessica Madden, MD, IBCLC, Dokter Anak sekaligus Ahli Neonatologi di Aeroflow Breastpumps, seperti mengutip Very Well Family.
Kendati demikian, para ahli menekankan beberapa hal yang perlu dipahami ibu menyusui bila ingin mengkonsumsi madu. Apa saja?

Kata Ahli Jika Ibu Menyusui Ingin Konsumsi Madu

Senada dengan Dr. Madden, Sarah Schooler, RN, IBCLC, pendiri Thrive Lactation Center, menegaskan bahwa ibu menyusui tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi madu, termasuk dalam jumlah banyak. Sebab hal itu tidak akan menimbulkan risiko apa pun bagi bayi.
“Aman bagi ibu untuk mengkonsumsi madu, meski dalam jumlah banyak saat menyusui. Menelan madu tidak menimbulkan risiko bagi bayi yang menyusu,” kata Dr. Schooler, masih mengutip Very Well Family.
Namun kedua ahli tersebut menekankan, jika ingin makan madu di dekat si kecil, Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan dasar, seperti mencuci tangan sebelum menyusui, dan memastikan bayi tidak bersentuhan langsung dengan tetesan madu. Ya, botulisme dari madu bisa menyebabkan masalah serius pada bayi. Mulai dari masalah pernapasan, gangguan makan, kelemahan pada otot wajah, kaki, tangan, dan leher, hingga tangisan jadi melemah.
“Jika ibu menyusui sedang memasak dengan atau makan madu, saya sarankan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayinya atau sekadar menyiapkan botol dan makanan untuknya,” kata Dr. Schooler.
“Jika bayi Anda sudah cukup besar dan bisa menjangkau atau mengambil makanan Anda, pastikan tidak akan menyentuh madu ketika mereka berada dalam jangkauan Anda,” tambah Dr. Schooler.

Sumber : kumparan.com

0 comments: