Tips Cara Menghindari Minuman Keras agar Tidak Kecanduan

Rabu, November 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya alkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Kali ini akan dijelaskan cara menghindari minuman keras agar tidak kecanduan dan merugikan diri sendiri.

Tips Cara Menghindari Minuman Keras

Dikutip dari buku Emergenetics - Menyadap Ilmu Kesuksesan karya Geil Browning, (2007) dijelaskan bahwa minuman yang mengandung alkohol dilarang untuk dikonsumsi karena dapat merusak proses otak. Selain itu dijelaskan juga bahwa alkohol dapat mengubah tingkat testosteron pada otak, dan mempengaruhi metabolisme lemak tubuh. yang akan mengakibatkan perut buncit.
Konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang akan merusak frontal lobe dan mengakibatkan penciutan ukuran otak. Bahkan meminum alkohol dalam jumlah yang tidak banyak pun akan mengakibatkan penciutan otak pada usia paruh baya.
Ada beberapa cara untuk menghindari dan juga mengatasi masalah kecanduan alkohol, berikut adalah beberapa di antaranya.
Menerapkan pola hidup sehat menjadi cara pertama untuk menghindari dan mengatasi orang yang sudah kecanduan minuman alkohol. Kalian dapat menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi, rutin melakukan olahraga, mengelola stres dengan baik, serta menjaga pola tidur agar tidak berantakan.
Melakukan berbagai hal yang positif juga dapat menghindarkan kalian dari kebiasaan minum alkohol. Kalian dapat mengalihkan fokus pada hal-hal yang memberikan dampak positif bagi hidup kalian. Misalnya melakukan hobi atau aktivitas yang kalian sukai.
Selain itu, ketika merasa stres dan ingin minum minuman beralkohol, coba tenangkan pikiran kalian dengan melakukan olahraga, meditasi, atau yoga. Cara-cara tersebut efektif untuk meredakan stres dan kecemasan.
Mencari support system yang tepat atau lingkungan yang mendukung sangat penting untuk kalian yang ingin terhindar dari alkohol atau sedang berusaha untuk sembuh dari kecanduan alkohol. Pasalnya lingkungan akan sangat mempengaruhi kalian, jika kalian berada di lingkungan yang tidak mendukung dapat dipastikan kalian akan kesulitan untuk terhindar dari kecanduan alkohol.
Terakhir jika kalian membutuhkan bantuan medis, maka jangan sungkan untuk melakukan konseling dan lain sebagainya. Mungkin itu adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari kebiasaan minum alkohol yang memiliki dampak buruk untuk kesehatan.


Sumber : kumparan.com

0 comments: