Tips Hadapi Anak yang Bosan di Sekolah

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Beberapa anak mungkin pernah atau bahkan sering mengeluh bosan di sekolah. Mengutip Verywell Family, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti anak merasa kurang tertantang atau termotivasi di sekolah, kurang dekat dengan teman atau guru, hingga faktor kesehatan mental.
“Ini adalah masalah yang sangat umum. Saya mendorong orang tua dan guru untuk memikirkan apa yang dapat dilakukan untuk membantu mendorong keterlibatan dan pembelajaran mereka.” jelas Natalie Gwyn, Ph.D, LCMHC, NCC, Med., konselor sekolah dan profesor konseling sekolah di Walden University.
Nah Moms, meski penyebab kebosanan anak bisa berbeda antara satu anak dengan anak lainnya, cara untuk menghadapinya kurang lebih sama. Seperti apa itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghadapi Anak yang Bosan di Sekolah

1. Cari Tahu Alasan Anak Bosan
Saat anak mengeluh bosan di sekolah, penting bagi Anda untuk mencari tahu alasan anak merasakan hal itu. Tanyakan padanya beberapa pertanyaan, seperti apa yang membuatnya bosan, apa yang membuat lebih semangat, apakah ia kesulitan selama di sekolah, apakah hubungan dengan teman dan gurunya cukup baik, dan lain sebagainya. Dalam menanyakan hal-hal tersebut, pastikan Anda tidak sedang emosi, sehingga obrolan bisa berjalan dengan baik ya, Moms.
2. Libatkan Guru
Jika Anda merasa tidak bisa menghadapinya sendiri, tak ada salahnya melibatkan guru untuk membantu mengatasi kebosanan anak, Moms. Bicarakan pada guru tentang apa saja yang disampaikan anak pada Anda dan coba cari solusi bersama.
“Sangat penting untuk tidak mengabaikan kekhawatiran anak. Percayai mereka ketika mereka mengatakan bahwa mereka bosan dan cobalah bekerja sama untuk memecahkan masalah,” kata Dr. Gwyn.
Menurut Dr. Gwyn, orang tua dan guru mungkin juga bisa melibatkan anak dalam mencari solusi. Dengan begitu, anak akan merasa dipedulikan dan dipercaya untuk mencari solusi bersama.
3. Manfaatkan Kreativitas
Beberapa anak mungkin merasa bosan di sekolah karena cara mengajar guru yang monoton. Hal itu kerap membuat si kecil sulit menyerap pelajaran dengan baik. Agar anak tidak tertinggal pelajaran, Anda mungkin bisa membuat sesi belajar setelah sekolah yang memanfaatkan kreativitas, Moms.
Misalnya, untuk mata pelajaran sains, berikan anak video edukatif agar anak bisa belajar dari video tersebut. Anda bisa menemaninya sendiri atau mungkin melibatkan guru privat. Jadi, meskipun anak merasa bosan di sekolah, ia tetap bisa belajar di rumah dan tidak tertinggal materi.

Sumber : kumparan.com

0 comments: