Tips Melindungi Logam Pada Rak Piring dari Korosi dan Penjelasan tentang Korosi

Selasa, November 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi perlindungan korosi yang paling tepat dilakukan untuk melindungi logam pada rak piring adalah. Sumber: Unsplash.com/Joel Lee

Apa tips melindungi logam pada rak piring dari korosi? Salah satu cara perlindungan korosi yang paling tepat untuk melindungi logam pada rak piring adalah melapisinya dengan plastik. Pasalnya, plastik merupakan bahan yang ringan dan tahan air. Simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini.

Perlindungan Logam pada Rak Piring dengan Plastik

Iman Rahayu dalam bukunya yang berjudul Praktis Belajar Kimia untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam menjelaskan bahwa,

Plastik adalah molekul-molekul besar (polimer) yang memiliki ribuan gugus atom yang sama dan membentuk ikatan. Plastik ini dibuat melalui proses polimerisasi dari monomernya dengan suhu dan tekanan tertentu.
Salah satu langkah yang dapat mencegah masalah lingkungan akibat limbah plastik adalah dengan menggunakannya secara berulang atau mendaur ulang plastik. Nah, jadi tepat sekali kalau Anda ingin melindungi logam pada rak piring dengan menggunakan plastik.
Jadi, Anda dapat memperoleh dua manfaat sekaligus. Pertama, logam pada rak piring dapat terlindungi dari korosi. Kedua, dapat mengurangi limbah plastik.

Penjelasan tentang Korosi

Sedari tadi, kita membahas cara melindungi logam pada rak piring dari korosi. Namun, kita belum membahas makna dari korosi itu sendiri.
Sederhananya, korosi dapat diartikan sebagai proses pengkaratan pada benda-benda berbahan logam. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata korosi diartikan dalam tiga hal, yaitu:
  • Proses, perubahan, atau perusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia.
  • Proses kimia atau elektrokimia yang kompleks yang merusak logam melalui reaksi dengan lingkungannya.
  • Erosi kimia oleh oksigen di udara yang menimbulkan batuan yang mengandung besi berkarat.
Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa cara untuk melindungi benda logam dari korosi adalah membatasi atau melindungi benda logam dari reaksi kimia serta oksigen.

Macam-macam Tips Melindungi Benda Logam dari Korosi

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi benda logam dari korosi, yaitu:
  • Melapisinya dengan lapisan krom.
  • Melumuri dengan oli.
  • Melapisi dengan lapisan plastik.melakukan galvanisasi.
  • Melapisinya dengan cat.
Namun, perlindungan korosi yang paling tepat untuk melindungi logam pada rak piring adalah dengan melapisinya dengan plastik. Pasalnya, rak piring akan bersentuhan dengan alat makan. Jadi, bahan yang aman untuk melindunginya dari korosi adalah plastik.

Sumber : kumparan.com

0 comments: