Tips Memulai Bisnis Jualan Pulsa dan Token Listrik

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Jualan token listrik dengan menjadi agen pulsa listrik di kotamu.
Sampai sekarang berjualan pulsa masih diminati oleh masyarakat yang ingin menambah penghasilan. Apalagi sekarang pulsa dan token listrik telah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Selain menjual pulsa regular, penjual pulsa masa kini juga menambahkan produk lain seperti jualan token listrik hingga layanan top-up e-wallet.
Ingin tahu bagaimana tips sukses mengelola usaha jualan pulsa dan token listrik? Berikut informasi tentang keuntungan bisnis jualan pulsa dan tips memulainya agar bisa sukses di kemudian hari.
Keuntungan Buka Bisnis Jualan Pulsa
Inilah 3 alasan mengapa jualan pulsa dan token listrik termasuk bisnis yang menguntungkan.
Tidak Butuh Banyak Modal
Saat mendirikan suatu bisnis seringkali kita dihantui tentang banyaknya modal yang diperlukan. Kabar baiknya, Anda tidak membutuhkan banyak uang untuk memulai jualan pulsa dan token listrik.
Di luar sana ada banyak sekali agen pulsa yang menawarkan deposit murah. Menjadi mitra Bukalapak misalnya. Bermodal Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu Anda sudah bisa memulai bisnis ini.
Jadi, kalau Anda hanya punya sedikit uang, tetapi ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa mencoba jualan pulsa dan token listrik.
Dapat Dilakukan Secara Online
Keuntungan kedua dari jualan pulsa adalah Anda tidak memerlukan toko fisik. Ini karena jualan pulsa dapat dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya sewa toko ataupun pegawai.
Meski tidak memiliki bangunan fisik sebagai lapak jualan, pastikan Anda memberikan respons yang cepat ketika ada pembeli melakukan transaksi. Tujuannya supaya konsumen puas dengan layanan Anda.
Minim Risiko
Berbeda dengan usaha kuliner yang memiliki masa kedaluwarsa. Jualan pulsa termasuk bisnis yang rendah risiko karena selain minim modal barang yang diperjualbelikan tidak memiliki batas pemakaian.
Oleh karena itu, Anda tidak akan mengalami kerugian ketika barang tidak habis terjual. Apalagi bisnis ini tidak memerlukan yang namanya kulakan.
Tips Memulai Jualan Pulsa dan Token Listrik
Berikut 6 tips memulai usaha jualan pulsa yang bisa Anda lakukan. Semoga cara ini bisa menjadi langkah awal untuk kesuksesan bisnis Anda, ya!
Siapkan Modal
Sebelum memulai usaha, pastikan Anda telah menyediakan modal yang dibutuhkan, baik dari segi perangkat, biaya, maupun pengetahuan.
Seperti penjelasan di atas, biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jualan pulsa sangat minim, yakni minimal Rp50 ribu. Kedua, siapkan perangkat yang bisa mendukung Anda untuk melakukan transaksi jual-beli pulsa.
Setelah biaya dan perangkat sudah siap, Anda juga memerlukan ilmu terkait manajemen bisnis supaya usaha rintisan bisa terus berkembang di masa depan.
Pilih Agen/Server Pulsa Berkualitas
Tips kedua pilih server atau agen berkualitas demi menjaga mutu layanan. Salah satu aplikasi jualan pulsa yang bisa Anda pakai membeli pulsa untuk dijual kembali adalah Mitra Bukalapak. Setidaknya ada 5 keuntungan menjadi bagian dari agen pulsa di Mitra Bukalapak. Di antaranya adalah:
  • Menawarkan proses transaksi yang cepat
  • Transaksi yang praktis lewat aplikasi
  • Siap melayani Anda selama 24 jam tanpa henti
  • Diskon harga langsung
  • Berkesempatan mendapatkan cashback dan diskon hingga Rp10 ribu di setiap transaksinya.
Untuk mempermudah penarikan laporan keuangan, Mitra Bukalapak turut menyediakan fitur laporan otomatis.
Hindari Pembeli yang Melakukan Utang
Salah satu tantangan saat membuka usaha jualan pulsa adalah menghadapi pembeli yang suka menunda pembayaran alias berutang. Kasus seperti ini umumnya terjadi karena pembeli memiliki kedekatan dengan penjual, entah itu tetangga maupun kerabat.
Meski memberikan kebebasan pembeli untuk berhutang mampu memberikan daya tarik tersendiri, Anda perlu ingat bahwa transaksi seperti ini juga mempunyai risiko gagal bayar sehingga dapat memengaruhi keuntungan sehingga menghambat modal untuk pengisian deposit.
Kalau sudah begini usaha pun jadi sulit buat berkembang. Oleh karena itu sebaiknya tolak dengan tegas apabila ada pembeli yang ingin berhutang.
Sediakan Banyak Opsi Pembayaran
Di zaman sekarang transaksi jual-beli tidak hanya menggunakan uang tunai, tetapi sudah banyak toko-toko yang menyediakan pembayaran digital.
Dengan menyediakan banyak opsi pembayaran, transaksi pun jadi lebih mudah dan cepat. Sistem pembayaran digital juga mempermudah Anda untuk mencocokan data pembayaran yang sudah masuk.
Selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa dinikmati dari penerapan sistem pembayaran online. Misalnya transaksi jadi lebih aman, meningkatkan citra usaha di mata konsumen, dan jangkauan bisnis lebih luas.
Promosikan Jualan Anda
Memulai bisnis tanpa promosi hanya akan membuat usaha Anda jalan di tempat. Pasalnya bagaimana orang lain tahu kalau Anda sedang menjalankan usaha jika belum melakukan promosi.
Dengan adanya media sosial, sekarang proses promosi dapat dilakukan dengan mudah dan lebih menjangkau banyak kalangan. Apalagi kalau Anda sudah memiliki banyak pengikut. Supaya promosi terlihat lebih menarik Anda bisa memberikan sentuhan kreativitas atau mengadakan promo.
Lakukan dengan Konsisten
Sama seperti usaha lainnya, Anda perlu menjalankan bisnis ini secara konsisten. Jangan sampai semangat di awal, namun hilang motivasi berjualan di tengah jalan. Memang bisa jadi Anda merasa bosan di tengah jalan yang mungkin disebabkan oleh minimnya pendapatan. Kalau menemukan hambatan seperti ini coba lakukan inovasi untuk mendapatkan peluang baru.
Membuka bisnis jualan pulsa dan token listrik ternyata tidak terlalu sulit dan murah, bukan? Buat Anda yang ingin menambah pemasukan, tetapi tidak memiliki banyak modal untuk mendirikan usaha, jualan pulsa dan token listrik adalah solusinya.

Sumber : kumparan.com

0 comments: