Tips Menyusui dengan Payudara Kecil

Rabu, November 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Setiap ibu punya tantangan yang berbeda saat menyusui. Mulai dari jumlah produksi ASI, hingga ukuran payudara yang dimiliki. Ya Moms, ukuran payudara yang dimiliki setiap wanita berbeda-beda, ada yang tergolong besar ataupun kecil.
Hal ini terkadang menimbulkan rasa khawatir bagi para ibu. Sebab beberapa ibu yang memiliki payudara kecil mungkin berpikir bahwa hal tersebut akan mempengaruhi produksi ASI-nya. Padahal ukuran payudara tidak menentukan produksi ASI.
Dikutip dari Mom Junction, payudara wanita terdiri dari tiga jenis jaringan, yaitu jaringan lemak, jaringan kelenjar, dan jaringan ikat. Dari ketiga jaringan tersebut, jaringan kelenjarlah yang bertanggungjawab untuk produksi ASI. Sementara untuk ukuran payudara akan dipengaruhi oleh jaringan lemak di dalam tubuh.
Nah Moms, berikut beberapa hal yang perlu dipahami saat menyusui bayi bila memiliki ukuran payudara yang tergolong kecil.

5 Hal yang Perlu Dipahami Bila Menyusui dengan Payudara Kecil

1. Pastikan perlekatan dan posisi mulut bayi tepat
Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan perlekatan dan posisi mulut si kecil sudah tepat. Sebab hal ini dapat membantu bayi untuk mengisap dan menelan ASI dengan jumlah yang cukup.
2. Beralih ke payudara satunya
Jika ASI yang dihasilkan payudara Anda tidak terlalu banyak, sebaiknya jangan paksa bayi untuk terus menyedot ASI di salah satu payudara saja. Sebab hal itu akan membuat payudara Anda terasa nyeri dan bengkak. Oleh karena itu, beralihlah ke payudara satunya jika Anda merasa ASI sudah tidak keluar lagi.
3. Gunakan pompa ASI
Anda juga bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu mengosongkan payudara setelah menyusui. Tentunya hal tersebut akan membantu meningkatkan produksi ASI.
4. Gunakan bra menyusui yang nyaman
Agar Anda dan bayi merasa nyaman, gunakan bra menyusui yang sesuai dengan ukuran payudara.
5. Pantau pertumbuhan bayi
Jika perkembangan bayi Anda masih dalam batas normal, maka hal ini menunjukkan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI. Bila kurang sesuai, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau konsultan laktasi agar mendapatkan solusi yang tepat.


Sumber : kumparan.com

0 comments: