Tips Merawat Sepatu Suede Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Senin, November 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat ini ada beragam jenis bahan sepatu yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah sepatu suede atau yang sering disebut sebagai bahan kulit lunak.
Ya, bahan suede memang kerap kali digunakan untuk beberapa fashion item, termasuk sepatu. Sepatu berbahan suede menjadi produk yang wajib ada di lemari karena modelnya yang tidak lekang oleh waktu dan mudah di-mix and match dengan fashion item lain.
Sayangnya jika tidak dirawat dengan benar, bahan ini mudah rusak dan tidak akan awet ketika digunakan.
Lantas, cara apa yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu suede agar awet dan tidak mudah rusak? Jika penasaran, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa tipsnya berikut ini.

1. Gunakan waterproof spray

Mengutip Marie Claire, hal pertama yang bisa dilakukan untuk membuat sepatu berbahan suede awet dan tidak mudah rusak adalah dengan menyemprotkan waterproof spray atau spray anti air sebelum digunakan.
Waterproof spray berguna untuk mencegah noda masuk ke dalam pori-pori bahan suede. Kalaupun nantinya akan terkena noda menjadi lebih mudah dibersihkan.

2. Gunakan sikat khusus bahan suede

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu suede adalah dengan menggunakan sikat khusus. Saat ini di pasaran sudah tersedia sikat untuk bahan suede.
Sikat khusus bahan suede berguna untuk membersihkan debu dan kotoran. Sikat ini telah dirancang untuk membersihkan bahan suede tanpa membuatnya rusak.

3. Simpan di tempat yang tertutup

Kemudian setelah sepatu dibersihkan jangan lupa untuk disimpan di tempat yang tertutup, seperti dalam kotak sepatu atau lemari. Hal ini berguna untuk mencegah penumpukan debu yang sangat mudah menempel pada bahan suede.
Namun, jika sepatu suede yang kamu miliki sudah sangat kotor, disarankan membawanya ke profesional untuk dibersihkan agar hasilnya maksimal.

4. Mengenakan sepatu suede pada waktu yang tepat

Ilustrasi sepatu kerja cocok untuk perempuan karier. Foto: MS_studio/Shutterstock
Kemudian yang tidak kalah penting diperhatikan adalah waktu penggunaan sepatu suede. Sebelum kamu memutuskan untuk mengenakan sepatu suede, usahakan ketika hari sedang cerah dan tidak berpotensi hujan.
Ketika sepatu berbahan suede terkena cipratan air, jika tidak segera dibersihkan nantinya akan membuatnya berubah warna. Selain itu, jika sepatu suede sering terkena hujan juga bisa membuat teksturnya berubah menjadi lebih kasar.
Nah, itu tadi beberapa cara untuk merawat sepatu suede. Jangan lupa mempraktikkannya, agar sepatu kamu tetap awet, Ladies.

Sumber : kumparan.com

0 comments: