Unik, Landasan Pacu Bandara Ini Menyatu sama Jalanan, Mobil dan Turis Bisa Lewat

Jumat, November 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Suasana di landasan Bandara Gibraltar di perbatasan antara Spanyol dan Gibraltar pada 13 Agustus 2013. Foto: Marcos Moreno/AFP

Sulit jika kamu memiliki keinginan berjalan di landasan pacu sebuah bandara. Ya, seperti yang sudah kamu tahu, bahwa bandara adalah salah satu tempat yang bisa dibilang sangat sibuk pergerakannya.
Namun, siapa sangka bandara di negara ini memperbolehkan turis masuk ke landasan pacu, sambil berjalan-jalan dan berfoto. Tentu ini menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.
Mungkin kamu bertanya-tanya, kok bisa turis masuk ke landasan pacu? Bukan hanya turis, tapi mobil dan pejalan kaki juga bisa menggunakan landasan pacu tersebut layaknya jalanan pada umumnya.
Dilansir Daily Star, Bandara Internasional Gibraltar memiliki landasan pacu yang melintasi jalan umum. Lalu, bagaimana jika ada pesawat?
Suasana di landasan Bandara Gibraltar di perbatasan antara Spanyol dan Gibraltar pada 13 Agustus 2013. Foto: Marcos Moreno/AFP
Ternyata jika nantinya ada pesawat yang melintas, ada lampu merah yang menyala dan pesawat tersebut akan lewat persis di atas kepala sang pejalan kaki.
"Pengunjung sering terkejut bahwa mereka berjalan melintasi landasan pacu yang baru saja mendaratkan pesawat beberapa menit sebelumnya," tulis pihak Bandara Internasional Gibraltar.
Oleh karena itu, tidak heran kalau bahwa tempat ini jadi salah satu tempat yang populer untuk mengambil foto, karena ada pemandangan yang langsung memperlihatkan Rock of Gibraltar.
Melihat antusias dari para penumpang, pihak bandara tetap mengingatkan, bahwa bandara tersebut masih menjadi daerah landasan pacu yang aktif digunakan.
"Periksa kantong Anda! Jangan biarkan barang berharga Anda jatuh tertiup angin. Tutup kantong Anda jika Anda bisa," bunyi peringatan yang ditulis oleh pihak bandara.
Demi memastikan keamanannya seaman mungkin, polisi setempat juga menawarkan bantuan untuk membantu mengatur lalu lintas dan pejalan kaki.
Dengan ramainya minat dari turis, ada hal yang harus dipatuhi mereka demi menjaga kenyamanan dan kelancaran bandara.
Salah satunya adalah turis diminta untuk menghindari membuang sampah sembarangan di daerah tersebut, karena bisa menyebabkan kerusakan pesawat.
"Tolong jangan buang sampah sembarangan, karena sampah yang masuk ke mesin pesawat dapat menyebabkan kerusakan serius," tulis pihak bandara.
Kini, landasan pacu ini selalu populer dengan banyaknya turis yang datang dan menemukan pengalaman baru.

Sumber : kumparan.com

0 comments: